Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 1 September 2015 | 10:22 WIB
Hide Ads

Empat Sekolah Dasar di London Larang Siswa Puasa

Oleh : Teguh Setiawan | Minggu, 14 Juni 2015 | 16:45 WIB

Berita Terkait

Empat Sekolah Dasar di London Larang Siswa Puasa
(Foto: onislam)

INILAHCOM. London -- Empat sekolah dasar (SD) di London, Inggris, melarang siswa Muslim menjalankan ibadah puasa selama Ramadan.

Situs onislam.net, mengutip surat kabar Independent, memberitakan empat sekolah itu adalah Barclay Primary School, Syburn Primary School, Thomas Gamuel Primary School, dan Brook House Primary School. Tiga sekolah terakhir milik Lion Academy Trust.

Larangan, menurut surat yang dikeluarkan Barclay Primary School, bukan tanpa alasan. Dalam hukum Islam, menurut sekolah itu, anak-anak tidak diwajibkan berpuasa. Puasa hanya dijalankan oleh orang dewasa.

Pihak Lleyton School, yang belum mengeluarkan larangan resmi, mengatakan dalam Islam kesehatan adalah prioritas pertama.

"Tahun lalu, banyak anak-anak sakit karena berpuasa. Ada pula yang tak sadarkan diri, atau tidak mampu mengakses kurikulum," ujar salah satu pengurus sekolah itu.

Keputusan empat sekolah itu memicu kritik komunitas Muslim Inggris. "Kami percaya ada aturan dalam Islam untuk orang yang tidak mampu berpuasa," ujar juru bicara Asosiasi Muslim Inggris kepada Main Online.

"Orang sakit, terlalu muda atau tua, tidak diwajibkan berpuasa," lanjutnya.

Menurutnya, penentuan anak-anak tidak wajib berpuasa harus dilakukan orang tua, bukan sekolah. Anak-anak juga akan dilibatkan dalan penentuan apakah harus berpuasa atau tidak.

Namun Dr Omer el-Hamdoon, presiden Asosiasi Muslim Inggris, membantah asumsi orang tua harus memutuskan apakah sang anak berpuasa atau tidak.

"Sekolah harus memainkan peran pendukung. Isu-isu seperti ini hrus dibicarakan," katanya.

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.