Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 1 September 2015 | 10:21 WIB
Hide Ads

PM Turki Ahmet Davutoglu Mengundurkan Diri

Oleh : Teguh Setiawan | Rabu, 10 Juni 2015 | 06:39 WIB
PM Turki Ahmet Davutoglu Mengundurkan Diri
(Foto: worldbulletin)

INILAHCOM. Ankara -- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Selasa (9/6), menerima pengunduran diri PM Ahmet Davutoglu menyusul kegagalan Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) mempertahankan mayoritas kursi di parlemen.

"Presiden Erdogan menerima pengunduran diri PM Davutoglu dan kabinetnya," demikian pernyataan resmi kantor presiden Turki.

"Presiden mengucapkan terima kasih kepada PM Ahmet Davutoglu atas tugas-tugas yang dijalankan," lanjut pernyataan itu.

Kali pertama sejak 2002, AKP gagal mempertahankan mayoritas kursi di parlemen. Media Turki memberitakan AKP meraih 41 persen suara dan menduduki 258 dari 550 kursi di Majelis Besar Nasional Turki.

AKP harus merangkul satu dari tiga partai oposisi untuk membentuk pemerintahan baru. Pemerintahan harus terbentuk dalam 45 hari setelah pelantikan anggota parlemen baru 25 Juni mendatang.

Jika AKP gagal merangkul satu partai oposisi, dan pemerintahan baru tak terbentuk sampai tengat waktu, Erdogan memiliki kewenangan menggelar pemilu baru.

Partai Gerakan Nasionalis (MHP) mengatakan tidak ada yang berhak menyeret satu dari tiga partai oposisi ke AKP, dan membentuk pemerintahan baru. Turki berpotensi menghadapi ketidak-pastian politik.

Berita Terkait Lainnya

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.