Selasa, 1 September 2015

Nasional

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Kecewa karena Pemberangkatan Haji yang Kacau

Jumat, 21 Agustus 2015 | 17:32 WIB
Tribunnews.com/Hendra Gunawan Calon jemaah haji yang sakit saat akan berangkat haji kloter 1.

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Sodik Mudjahid merasa kecewa menyaksikan persiapan pemberangkatan jamaah haji yang berantakan. Kekecewaan itu terutama  disampaikan kepada menteri agama yang sejak dua minggu lalu, menyatakan bahwa persiapan haji sudah 90 persen.

"Dengan kondisi faktual persiapan haji yang berbeda signifikan dengan pernyataan menteri agama, maka Komisi VIII menilai Menteri Agama telah melakukan kebohongan publik," kata Sodik saat dihubungi, Jumat (21/8/2015).

Sodik mengaku Komisi VIII, yang menjadi mitra kerja Kementerian Agama, sudah melakukan peninjauan langsung ke lapangan mengenai persiapan pemberangkatan jemaah haji ini. Faktanya, kata dia, sampai hari ini masih banyak jamaah haji kloter pertama yang belum memiliki visa. Padahal, sudah waktunya mereka diberangkatkan. (Baca: Tak Dapat Visa Jelang Keberangkatan, Puluhan Calon Haji Menangis Histeris)

 

Sodik menilai kekacauan ini dapat terjadi karena Menteri Agama terlalu tergesa gesa, tidak menerima penjelasan utuh dan tidak menyediakan waktu melakukan verifikasi terhadap laporan para stafnya, terutama staf di berbagai daerah dan embarkasi pemberangkatan.

"Ini bukan mengada-ada apalagi cerita fiksi. Ini fakta yang ditemukan kawan-kawan Komisi VIII yang  kemarin siang berangkat melaksanakan tugas pemantauan dan pengawasan  di berbagai embarkasi," ucapnya. (Baca: Visa Belum Keluar, 31 Calhaj Embarkasi Surabaya Batal Berangkat)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Ihsanuddin
Editor : Fidel Ali Permana