Image

Gunung Lokon Masih Siaga, Warga Diminta Jauhi Radius Bahaya

Erupsi Gunung Lokon (Foto: Antara)

Erupsi Gunung Lokon (Foto: Antara)

MANADO – Sabtu, 29 Agustus 2015 malam kemarin sekira pukul 23.48 Wita, Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara kembali meletus.

Letusan gunung berapi tersebut menerbangkan material debu vulkanik mencapai 1,5 kilometer ke timur dan utara, sebagai rangkaian lanjutan peningkatan aktivitas yang terjadi sejak Jumat, 28 Agustus lalu.

Akibat letusan itu, beberapa kali gempa vulkanik masih terjadi pasca-letusan. Oleh karenanya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi masih menetapkan status siaga untuk gunung ini.

Warga pun diminta agar tidak memasuki wilayah 2,5 kilometer dari Kawah Tompaluan, Gunung Lokon, yang jadi batas radius bahaya.

"Kami berharap warga tidak memasuki radius bahaya yang masih direkomendasikan, yaitu 2,5 kilometer dari kawah Tompaluan, Gunung Lokon," jelas petugas pemantau pos pengamatan gunung api Lokon dan Mahawu di Kakaskasen Mando, Minggu, (30/8/2015).

"Radius bahaya kami harap dipatuhi. Karena kemungkinan terjadi letusan masih berpeluang dan mengancam keselamatan warga bila beraktivitas di radius bahaya tersebut," tandasnya.

(raw)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    Baca Juga

    Buruh Mulai Bergerak, Jalan Diponegoro & Harmoni Masih Lancar

    Buruh Mulai Bergerak, Jalan Diponegoro & Harmoni Masih Lancar