Ads

Rupiah Tembus Rp14 Ribu di Pasar NDF

\Rupiah Tembus Rp14 Ribu di Pasar NDF\

Ilustrasi Rupiah. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) akhirnya menembus level Rp14.000 per USD di luar negeri. Namun, angka tersebut hanya terjadi sekilas.

Melansir Bloomberg Dollar Index, Rupiah pada perdagangan non-delivery forward (NDF) pada pukul 13.50 WIB dolar AS masih berada di Rp13.945 per USD. Namun, lima menit kemudian dolar AS melonjak ke Rp14.001 per USD.

Meski demikian, lonjakan tersebut tidak memakan waktu yang lama. Tercatat, pada pukul 14.00 WIB dolar AS kembali ke Rp13.945 per USD. Adapun pergerakan Rupiah hari ini, berada di kisaran Rp13.882-Rp14.001 per USD.

Analis MNC Securities, Zabrina Raisa mengatakan, pelemahan Rupiah ini lebih karena faktor eksternal. Menurutnya, pelemahan yuan yang dilakukan oleh People Bank of China (PBOC) ikut memberikan dampak negatif pada Rupiah.

"Karena pelemahan yang dilakukan oleh China pada yuan itu membuat harga dolar AS jadi mahal, akibatnya Rupiah jadi tertekan," jelas dia di IBCM Channel, Jakarta, Jumat (21/8/2015).

Rupiah Melemah Dalam 17 Tahun Terakhir

Sebelumya, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan dengan adanya rencana kenaikan suku bunga The Fed ini membuat mata uang dolar AS 'pulang kampung' dari seluruh negara. Hal ini lah membuat mata uang Rupiah dan negara-negara lain pun mengalami pelemahan.

Menurut dia, minggu-minggu belakangan ini memang dolar AS bergeraknya ke arah tempat asalnya. Balik ke capital outflow karena rencana The Fed menaikkan tingkat suku bunga.

(mrt)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    Baca Juga

    Kasus RJ Lino Tak Boleh Diintervensi, Termasuk oleh Presiden

    Kasus RJ Lino Tak Boleh Diintervensi, Termasuk oleh Presiden