Selamat HUT RI ke-70. Ikut Lomba Makan Kerupuk? Duduk Yaa


bersamaislam.com - Hari kemerdekaan Republik Indonesia adalah hari yang pastinya sangat bersejarah dan dinanti dengan sambutan yang penuh suka cita oleh seluruh rakyat Indonesia yang mengaku mencintai negerinya. Berbagai acara dipersiapkan untuk menyambut momen bersejarah ini. Mulai dari mengadakan upacara peringatan, berbagai lomba dan sebagainya. Seluruh instansi, sekolah, organisasi, komunitas, lembaga sosial, masyarakat di desa maupun kota semua ikut merayakan dan menyambut hari kemerdekaan.

Tidak ketinggalan pula salah satu komunitas kepenulisan  di Sumatera Utara, yaitu Forum Lingkar Pena (FLP) yang ikut menyambut serta memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia pada minggu, 16 Agustus 2015 ini dengan mengadakan berbagai lomba untuk anak-anak sekitar sekretariat FLP Sumatera Utara yang ada di Rumah Cahaya Jalan Sauh Sei Deli, Medan.

Ada berbagai macam lomba yang diadakan. Mulai dari lomba tahfizh surah pendek, mendongeng, berjalan dengan balon bersama pasangan, memasukkan air ke dalam gelas dengan sendok, menyampul buku dan makan kerupuk. Lomba makan kerupuk sepertinya sudah sangat biasa kita temukan dalam lomba tujuh belasan untuk anak-anak. Namun lomba makan kerupuk yang diadakan FLP ini sungguh menarik dan tidak biasa bahkan mungkin belum pernah kita temukan sebelumnya. Kenapa? Apa sih menarik dan istimewanya? Kita bisa melihat foto di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya.

Lomba makan kerupuk sambil duduk
Ya, lomba ini tidak sembarangan dibuat. Lomba ini berpedoman pada hadits Rasulullah yang mengatakan, “Janganlah kamu makan dan minum sambil berdiri”. Nah, meskipun ingin makan kerupuk, yang namanya makan ya tetap harus duduk walaupun makan kerupuknya di acara perlombaan.

Semoga ini mengajarkan dan menginspirasi kita semua untuk membuat perlombaan yang tidak hanya mendidik secara sejarah namun juga mendidik secara agama. Kita dapat mengajarkan arti kemerdekaan pada anak-anak bangsa sambil mengajarkan nilai-nilai Islam tentang bagaimana adab makan yang sesungguhnya.

Selamat Ulang Tahun yang ke 70 tahun Indonesiaku. Selamat merayakan hari kemerdekaan untuk kita semua, para pecinta tanah air. Semoga semakin banyak kontribusi yang bisa kita berikan untuk negeri ini.

(Vivi Suriani)