Beranda / Uncategorized / Yohanes Wempi : Wanita Minang Wakil Indonesia Di Miss Universe, Adalah Cambuk Berat Bagi Masyarakat Minang

Yohanes Wempi : Wanita Minang Wakil Indonesia Di Miss Universe, Adalah Cambuk Berat Bagi Masyarakat Minang

kasurau – Indonesia baru-baru ini telah mengirim wakilnya untuk tampil di Miss Universe 2013 yang akan berlangsung di Rusia. Yang menjadi wakil Indonesia adalah Whulandary Herman, wanita Minang kelahiran Pariaman yang juga pernah mengikuti ajang Puteri Indonesia 2013 asal Sumatera Barat.

Keikutisertaan Whulandari sebagai orang minang yang seharusnya mehidupkan falsafah adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah telah mencoreng nilai-nilai ini dan menjatuhkan wibawa orang minang di mata dunia yang terkenal dengan flasafah tersebut. Yohanes Wampi, anggota DPRD Padang Pariaman dari F-PKS, prihatin atas hal ini. Apalagi beredar foto Whulandari yang juga kelahiran Pariaman menggunakan bikini di acara ini.

“Saya tidak menyangka ada sekenario global untuk meruntuhkan nilai-nilai minangkabau (adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah) dengan mengutus orang Piaman (Pariaman) tampil di Miss Universe, ini cambuk berat yg diterima orang Minang khususnya orang Piaman, ibarat filosofi urang Minang, alah tacoreng kaniang di utusan miss universe ini. Kedepan melalui semua pemangku kepentingan (ninik mamak, alim ulama,dll)  diminang harus mengambil sikap tegas, seperti adat kito dinagari, jiko ado urang minang nan mambuek malu misal berzina, nikah dg sasuku moko dipinggirkan dari kampuang, mako itu sikap yg tepat, itu harus ado kesepakatan bersamaa ninik mamak, alim ulama, beri sangsi adat secara tegad berdasarkan alue jo patui.” ujar Yohanes Wampi pada kasurau.

Baca :   Ketika Akhwat Menawarkan Diri Untuk Dinikahi

Perwakilan orang Minang yang memiliki nilai-nilai syariat islam dalam kehidupan di acara Miss Universe, seharusnya mendapatkan perhatian dari semua jajaran di Minang. Mulai ninik mamak, ulama dan tokoh-tokoh minang. Kita harapkan dengan perhatian mereka, hal ini tidak akan terjadi lagi pada orang Minang kedepannya. (fgz)


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Aksi Rakyat Palestina Selama Ramadhan

serambiMINANG.com – Infopalestina: Bulan Ramadhan adalah Bulan Barokah, begitulah orang umat Islam  menyebutnya. Mereka bergembira …

Tinggalkan Balasan