Beranda / Uncategorized / Bagaimana Menyikapi Amanah

Bagaimana Menyikapi Amanah

kasurau – Hai orang-orang yang beriman,janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan juga janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu,sedang kamu mengetahui.(Al Anfaal : 27)

Rasulullah saw. bersabda, “Tiada iman pada orang yang tidak menunaikan amanah; dan tiada agama pada orang yang tidak menunaikan janji.” (Ahmad dan Ibnu Hibban)

Akhir-akhir ini mungkin acap kali kita disibukkan dengan amanah-amanah yang ada pada diri kita,apakah itu amanah kuliah kita,amanah dakwah,amanah organisasi atau yang sebagainya.

Sebagai manusia yang memiliki fitrah sosial,kita tidak bisa terlepas dari yang namanya memberi dan menerima amanah,sehingga berbicara mengenai amanah adalah berbicara mengenai kehidupan kita sehari-hari.

Amanah itu akan terasa unik dan indah jika diemban oleh orang-orang yang jujur serta mampu melaksanakannya dengan baik,dan sebaliknya bisa melahirkan keburukan dan kehinaan sekaligus juga kejengkelan apabila diemban oleh orang yang tidak jujur dan tidak mampu melaksanakannya.

Sejatinya amanah itu bukan karena kita mampu, bukan pula karena orang lain merasa kita mampu.
Amanah itu kehendak Allah, rencana Allah SWT atas kehidupan kita,bahkan sekiranya semua orang disekitar kita berhimpun untuk menjauhkan kita dari amanah itu, jika Allah tahu itu yang terbaik bagi kita, maka Ia akan berikan amanah itu kepada kita.

Baca :   Berikut Video Mengharukan Istri Presiden Turki Emine Erdogan Menangis dan Berpelukan Bersama Pengungsi Rohingya

Bahkan sekiranya seluruh aib kita seketika memenuhi pikiran kita dan membuat berhenti melangkah karena ragu, jika Allah tahu amanah itu akan membuat kita menjadi hamba yang semakin baik dan semakin dekat dengan-Nya, maka amanah itu akn Allah berikan kepada kita.

Lalu bagaimana menyikapi amanah yang ada pada diri kita…?

Percayalah, ada rencana terbaik yang sudah Allah persiapkan, sikapilah dengan ikhtiar terbaik yang kita lakukan, serta pertanggungjawaban terbaik yang bisa kita persiapkan.

Allahu a’lam.

Rizki Pahlefi Siregar
Ditulis di Gedung Dekanat Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas.
Jum’at 22 November 2013,pukul 15.10 wib.
(Dari Berbagai sumber)


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Awas ! Ini Tanda – Tanda Jin Menyukai Anda

SerambiMINANG.com -Jin merupakan mahluk Allah dan mereka juga hampir sama dengan kita walaupun berada di …

Tinggalkan Balasan