Beranda / Uncategorized / Hari Ini Mahasiswa Akan Serbu DPRD Padang

Hari Ini Mahasiswa Akan Serbu DPRD Padang

KASURAU – Hasil rapat perwakilan mahasiswa dari perguruan tinggi se-Sumatera Barat yang ter­gabung dalam Forum Maha­siswa Tolak Siloam (FMTS), Selasa (10/12) malam, me­mutuskan, mahasiswa akan menggelar aksi damai ke kantor balai kota dan DPRD Padang pada Kamis (12/12).

Ferdi Ferdian, Ketua Pre­sidium FMTS mengatakan, mahasiswa sepakat menolak investasi Lippo Group di Padang dari segala aspek. “Setelah kami telaah dan kaji, kami me­nemukan bukti-bukti bahwa banyak ditemukan pelanggaran dalam pem­bangunan Superblock Lippo Group di Jalan Khatib Sulai­m­an. Untuk itu, kami meno­lak pembangunan Lippo Group dan meminta Walikota Padang mencabut izinnya tanpa negosiasi yang panjang,” ujarnya usai rapat bersama puluhan perwakilan organisasi dan lembaga kampus pergu­ruan tinggi di Sumbar, di Masjid Nurul Iman.

Namun ia tidak menyebutkan berapa jumlah mahasiswa yang akan ikut dalam aksi regional Sumbar tersebut, karena pihak­nya akan memberikan kejutan untuk Pemko dan DPRD Padang.

Ia melanjutkan, sebelum menuju lokasi sasaran aksi, mahasiswa berkumpul di kampus masing-masing pada pukul 08.00, kemudian berkumpul di Masjid Nurul Iman. Seperti aksi ormas Islam sebelumnya, mahasiswa akan dilepas oleh MUI Sumbar. Namun mahasiswa tidak akan melakukan long march ke lokasi, melainkan akan diangkut dengan bus.

Sementara itu, Ahmad Mahbu­bi, Ketua FMTS mengungkapkan, sejauh ini pihaknya telah menye­barkan undangan kepada seluruh organisasi atau lembaga kampus di seluruh Sumatera Barat, untuk ikut bergabung dalam aksi tersebut. Pihaknya juga telah mengirimkan surat izin menggelar aksi ke pihak kepolisian.

Yudilfan Habib, koordinator ormas Islam se-Sumatera Barat menegaskan, jika terjadi hal-hal di luar dugaan yang dilakukan oleh mahasiswa pada aksi nanti, ia meminta kepada pihak berwe­nang agar jangan menyalahkan mahasiswa, melainkan menya­lahkan dirinya. “Saya bertang­gung jawab penuh terhadap aksi yang dilakukan mahasiswa terhadap aksi tolak Siloam. Saya juga memohon kepada adik-adik mahasiswa, untuk tidak melaku­kan tindakan radikal, karena orang Minang adalah orang bera­dat dan berbudi baik,” tuturnya.

Baca :   BPK Sebut Gubernur Sumbar Satu-Satunya Gubernur Yang Memahami Aturan BPK

Habib juga menegaskan, jika pada aksi nanti ada pihak-pihak yang mencoba mengintervensi mahasiswa, maka pihaknya akan melakukan tindakan preventif. Untuk itu, ormas Islam akan mengikuti aksi tersebut dengan tujuan mengawasi dan melindungi mahasiswa. Namun ia percaya pihak kepolisian akan melindungi para mahasiswa.

Ketua Bidang Fatwa MUI Sumbar, Gusrizal Gazahar mengimbau mahasiswa agar tetap melakukan cara-cara yang baik dalam melakukan aksi dan fokus kepada tujuan. Mahasiswa jangan terpancing jika ada isu-isu negatif yang disusupi oleh pihak luar. Kemudian, ia juga mengingatkan agar mahasiswa tidak terpro­vokasi jika nanti ada reaksi dari pihak lain, karena itu adalah tugas pihak berwajib.

“Saya sangat berharap kepada pihak kepolisian untuk menjaga mahasiswa yang demo. Dan jika nanti ada demo liar, itulah saatnya polisi menjalankan aturan hukum,” harapnya.

Ia juga mengimbau Pemko Padang, agar jangan lagi memper­tahankan keinginan untuk memberikan izin pembangunan Lippo, sebab pembangunan tersebut menimbulkan pro-kontra di tengah masyarakat. Menurut­nya, Pemko Padang sebaiknya mendahulukan kemaslahatan masyarakat ketimbang kepen­tingan lain.

Sebelumnya, Ketua Badan Koordinasi Nasional, Husni Hadi pekan lalu yang menyampaikan pesan walikota yang tidak bisa hadir pada forum pembahasan izin Siloam, bahwa Fauzi Bahar siap mencabut izin investasi Lippo Group asalkan dengan musyawarah. Terkait pernyataan Walikota Padang itu, Yudilfan Habib menjawab, ia heran dengan pernyataan walikota itu. “Saya tak habis pikir dengan pernyataan walikota yang bersedia mencabut izin asal dengan musyawarah. Mengapa mencabut izin pakai musyawarah, sementara dulu ketika memberi izin tidak pakai musyawarah. Ini aneh,” imbuh­nya. (haluan)


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Aksi Rakyat Palestina Selama Ramadhan

serambiMINANG.com – Infopalestina: Bulan Ramadhan adalah Bulan Barokah, begitulah orang umat Islam  menyebutnya. Mereka bergembira …

Tinggalkan Balasan