Beranda / Uncategorized / Siloam, James T Riady, Avengalis

Siloam, James T Riady, Avengalis

kasurau – Tampaknya fihak pendukung Siloam tak hendak mundur dari keinginan mereka untuk membangun Komplek Elit di Kota Padang. Kabar-kabarnya, kekerasan hati untuk mengundang James T Riady dan membangun kompleks ini ialah karena pemimpin kota tersebut hendak meninggalkan legacy kepada kotanya. Serupa dengan wali kota beberapa daerah tingkat dua di Propinsi Sumatera Barat yang meninggalkan jabatan dengan pujian dan warisan yang dikenang oleh rakyatnya.

Salah seorang kawan kami bertanya “Kalau dia memang hendak dikenang, lalu kenapa baru sekarang terbit keinginan untuk meninggalkan warisan untuk kota itu? seharusnya warisan (legacy) tersebut sudah disiapkannya semenjak awal masa kepemimpinannya. Serupa dengan Wali Kota Sawah Lunto yang hendak dia tiru itu..??!!”

Kamipun tersenyum dan dalam hati mengamini. Lagipula kalau memang niatnya hendak dikenang oleh orang-orang, bukankah niat tersebut merupakan suatu kesilapan. Sebab dalam hati telah tumbuh rasa riya, tiada lagi ikhlas dalam setiap amal perbuatannya.

Semenjak awal mendengar kata Siloam kami telah merasa penasaran, ada yang aneh dengan nama ini. Bukan nama Indonesia agaknya..?

Rupanya benar, setelah kami cari tahu kata Siloam merupakan nama Yunani dari kata Ibrani[1] Syiloah. Arti dari kata itu ialah “Yang Diutus” dan menjadi nama bagi sebuah kolam yang menjadi sumber air bagi seluruh Kota Yerusalem pada masa dahulnya. Orang Kristen dan Yahudi percaya bahwa kolam ini telah ada semenjak Masa David (Nabi Daud). Dalam sejarah Kristen disebutkan bahwa Isa (yang dalam kepercayaan mereka bernama Yesus ketika menunjukkan salah satu mukjizatnya yakni menyembukan orang buta) menyuruh orang yang hendak disembukannya untuk membasuh dirinya di Kolam Siloam. Hal ini dilakukannya setelah mengoles mata si buta tersebut dengan tanah yang telah diaduk dengan air liurnya.

Rupanya karena inilah James T Riady memberikan nama Siloam kepada Rumah Sakit miliknya, sesuai dengan yang telah dikisahkan oleh Injil Kitab Suci Agamanya. James sendiri merupakan seorang Kristen Religius, salah satu usaha investasinya yakni di Manado Sulawesi Utara merupakan buah dari do’anya dimana menurut pengakuannya “Tuhan Menjamah Dirinya, Dalam jamahan itu, saya mendengar sapaan Tuhan yang berkata, pergi dan bangunlah Kota Manado di Sulawesi Utara!”.

Bahkan James juga mendirikan kelompok Persekutuan Do’a yang aktif tiap Jum’at pagi melakukan ritual do’a mereka. Dirinya yang religius juga diakui oleh salah seorang pengusaha Sulut yang menyaksikan sendiri bagaimana James pergi ke rumah-rumah penduduk di Sulut, tinggal di rumah mereka, dan berdo’a bersama mereka.

Baca :   Fauzi Bahar Blak-Blakan Dukung Desri Ayudan

Sedangkan Evangelis merujuk kepada orang-orang Kristen Protestan yang religius dimana mereka mempercayai Yesus sebagai Mesias. Kata envangelis sendiri muncul sebagai pembeda bagi orang-orang liberal dalam agama Kristen Protestan. Kata Evangelis sendiri berasal dari Bahasa Yunani yang berarti “Kabar Baik”.

Setidaknya dari sedikit fakta dan data ini sudah menjadi gambaran bagi engku dan encik sekalian perihal siapa itu James T Riady, serta apa itu SILOAM, dan LIPPO. Jika engku dan encik ialah seorang SEPILIS[2] tentulah takkan menghiraukan penyampaian kami tersebut.

Namun sebaliknya bagi engku dan encik sekalian yang masih memiliki iman tentulah akan menjadi masalah. Akan menjadi pemikiran di kepala engku dan encik, “Minangkabau seperti apakah yang akan kita tinggalkan kepada anak-kamanakan kita nantinya?”

Sebagai pertimbangan bagi engku dan encik sekalian, bahwa pada tahun 2011 yang lalu juga muncul peristiwa yang hampir serupa dengan yang terjadia di Padang. Kejadiannya ialah di Palembang, dimana banyak Umat Islam menolak kehadiran Rumah Sakit Siloam. Kami terkejut mengetahuinya sebab hal ini telah lama berlalu tahun 2011, sedangkan sekarang tahun 2013. Namun kami tidak begitu heran sebab kabar ini memang tidak pernah diangkat oleh media Nasional. Sebagian besar Media di Indonesia telah dikuasai oleh Kaum Sepilis..

Hendaknya kita orang Minangkabau bersatu-padu jualah kiranya. Apapun alasan, apapun usaha yang dilakukan oleh para pendukung pembangunan Rumah Sakit ini sebaiknya kita lawan dengan keras. Sebab tak ada guna melawan mereka dengan kelembutan, hati mereka telah terperdaya dan ditutupi oleh Syetan.

Mereka ialah golongan orang-orang yang belagak sok toleran, sok berjiwa besar, sok intelek (berpendidikan), dan lain sebagainya. Ada juga dari mereka yang mendapat keuntungan dengan dibangunnya Rumah Sakit ini. Investor selalu menggoda iman..

Rujukan:
http://risekhilafah.blogspot.com/2011/12/misionaris-dibalik-rs-siloam.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Evangelikalisme
http://id.wikipedia.org/wiki/James_Riady
https://id.wikipedia.org/wiki/Kolam_Siloam
http://www.sarapanpagi.org/kolam-siloam-vt3249.html
http://sulutpromo.com/en/umum/james-t-riady-tuhan-menyapa-saya,-pergi-dan-bangun-manado/

[1] Ibrani, atau Bahasa Ibrani merupakan nama bahasa yang dipakai oleh orang Yahudi sekarang. Bahasa ini dekat hubungannya dengan Bahasa Arab karena masih satu rumpun Bahasa Aramaik.
[2] Sekuleris, Pluralis, & Liberalis
sumber : http://soeloehmelajoe.wordpress.com


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Awas ! Ini Tanda – Tanda Jin Menyukai Anda

SerambiMINANG.com -Jin merupakan mahluk Allah dan mereka juga hampir sama dengan kita walaupun berada di …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: