Beranda / Uncategorized / Engkau Akan Ditanya Tentang Nikmat Allah SWT Kepadamu

Engkau Akan Ditanya Tentang Nikmat Allah SWT Kepadamu

KASURAU – Jaulah mengunjungi kampung terpencil, jauh dari hiruk pikuk kota, memberikan kesan yang mendalam. Disebuah pelosok kampung di kab 50 kota, kami dijamu masyarakat dengan hidangan makan malam spesial. Dengan penuh antusias masyarakat menghidangkan yang terbaik bagi Ustadz dan rombongan yang akan ceramah dimushalla sederhana mereka. Pastilah di dalam hati mereka ada keinginan yang kuat untuk memuliakan tamu dan tak ingin tamu kecewa dengan makan malam yang mereka sediakan.

Nasi putih panas mengepul, lauk pauk dan sayuran telah mereka hidangkan dihadapan kami. Silakan Ust, kata mereka mempersilakan. Kamipun makan dengan lahapnya. Menu mereka adalah ikan asin, kentang, gulai nangka dan sayur “pucuk ubi”. Kesederhanaan dan kebersahajaan mereka yang dibungkus dengan keinginan kuat untuk membahagiakan tamu, telah membuat hidangan ini menjadi spesial. Padahal lauk mereka tidak saja sederhana dalam jenis, tapi juga sederhana dalam “jumlah” yang dihidangkan. Namun itu bagi mereka sudah istimewa.

Mungkin bagi sebagian orang hidangan spt itu tidak saja kurang menarik, tapi juga tak menimbulkan selera. Apalagi bagi yang sudah terbiasa dengan lauk pauk kelas atas.

Sungguh, makan bersama mereka dengan standar hidangan mereka, membuat kita wajib bersyukur atas segala nikmat Allah. Apalagi semua nikmat itu akan dipertanggungjawabkan pada hari qiyamat.

Baca :   Ada Apa Dengan Cinta?

Dalam shahih Muslim diceritakan bahwa Rasulullah saw pernah keluar rumah ada suatu malam karena sangat lapar. Di jalan Beliau dapatkan Abu Bakar dan Umar juga berada diluar rumah. Rupanya keduanya juga sedang lapar seperti Rasulullah.

Lalu mereka mendatangi rmh salah seorang sahabat. Ternyata ia tidak berada dirumah, keluar mencari air. Yang ada dirumah hanya istrinya. Tak berapa lama sahabat tsb sampai dirumah. Betapa bahagianya ia malam itu karena mendapat tamu yang sangat mulia, Rasul dan dua sahabatnya yang utama.

Malam itu ia mnghidangkan makanan istimewa untuk Rasulullah, Abu Bakar dan Umar. Korma dan ruthab ia hidangkan lebih dahulu. Kemudian ia menyembelih kambing, memasaknya dan menghidangkannya. Ditambah pula dengan susu kambing. Rasulullah dan kedua sahabatnya makan dan minum sampai kenyang dan puas.

Selesai makan Rasulullah berkata: “Demi Yang jiwaku ada ditanganNya, sungguh kalian akan ditanya tentang nikmat ini pada hari qiyamat….”

Betapa banyaknya nikmat Allah yang telah kita nikmati. Tidak saja makan dan minum, tapi berbagai nikmat yang tak terhitung…. Dan semuanya akan kita pertanggungjawabkan kelak…

Lakal hamdu walakasysukru Yaa Rabb…

(Makan malam di Mushalla Nurul Huda, Sei. Naniang, kec. Bukit Barisan, kab 50 kota)

Irsyad Syafar, Lc, M.Ed

Lihat Juga

Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Inilah 6 Jenis Haji Selain Haji Mambrur Yang Banyak Terjadi Dilapangan

Rasulullah saw bersabda: العمرة إلى العمرة كفارة ما بينهما، والحج المبرور ليس له جزاء إلا …

Tinggalkan Balasan

Engkau Akan Ditanya Tentang Nikmat Allah SWT Kepadamu - Serambi Minang