Beranda / Uncategorized / Gubernur Sumbar : Kita Telah Membuat Tim Mengkaji Tudingan Mantan Walikota Padang

Gubernur Sumbar : Kita Telah Membuat Tim Mengkaji Tudingan Mantan Walikota Padang

KASURAU – Jika tak ada aral melintang, hari ini (19/2) Gubernur Sumbar Irwan Prayitno melantik Erizal Agus menjadi Pj Wali Kota Padang, di Gubernuran Sumbar. Sebanyak 300 undangan sudah disebar untuk menghadiri pelantikan tersebut.

“Besok direncanakan pe­lan­tikan Pj Wako Padang. Ten­tu­nya, Pj Wako yang dilantik besok, harus mensukseskan pelaksanaan pilkada putaran kedua,” ujar Sekprov Sumbar Ali Asmar usai pelantikan pejabat eselon III dan IV di lantai 2 kantor Gubernur.

Secara khusus, Ali meminta semua pihak tidak terlalu mem­besar-besarkan soal pelantikan Pj Wako tersebut. Apalagi bela­kangan, persoalan itu sudah merembet ke mana-mana. “Ma­r­i kita lepas Wali Kota Pa­dang Fauzi Bahar dengan te­nang. Beliau sudah banyak jasa­nya. Segala pekerjaan yang ma­sih tersisa, biar diselesaikan Pj Wako atau wali kota definitif,” ujarnya.

Pemko Padang dan Pem­prov Sumbar, kata Ali, tak ubah­nya seperti kakak beradik. Sela­ku perpanjangan tangan peme­rin­tah pusat di daerah, pem­prov akan membina pemerin­tah kabupaten/kota. “Kita tak mau persoalan ini dibesar-be­sar­kan lah. Ini proses yang biasa saja terjadi,” ucapnya.

Soal tuduhan gubernur mem­fasilitasi demonstran me­no­lak pembangunan superblok Lippo Group, Ali menegaskan bahwa gubernur tidak pernah memfasilitasi aksi demontrasi tersebut. “Kami perlu melu­rus­kan informasi yang tidak benar itu. Tidak pernah sedikit pun, kami menjelek-jelekan Fauzi Bahar saat aksi demonstrasi itu terjadi,” ucapnya.

Ali menceritakan, pada awal­­nya pemprov melakukan upa­cara yang biasa setiap bu­lan­­nya, baru saja selesai upa­ca­ra rombongan para demons­tran telah berada dipintu ger­ba­ng. Pemprov belum sempat me­mindahkan peralatan upa­ca­ra baik podium serta tenda.

“Demonstran datang, jadi kami belum selesai mem­beres­kan­nya. Mereka pinjam pera­la­tan itu pada satpol PP. Satpol PP memberikan izin, dengan mas­s­a sebanyak itu kan susah pula menolaknya,”ucapnya.

Baca :   Kadang Kemenangan Datang Terlambat

Asisten I Setprov, Devi Kur­nia juga membantah bahwa gubernur mensponsori demo. Terlebih lagi, provinsi tidak berwenang soal pelanggaran perda tata ruang. “Aset pemda tak pernah digunakan salah satu partai politik tertentu,” ujarnya.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sudah membentuk tim untuk menyikapi tuduhan yang dialamatkan padanya. Kemarin (18/2), tim ini sudah menga­da­kan rapat dengan SKPD terkait untuk mengambil langkah hu­kum dan lainnya.

“Kita telah membuat satu tim untuk menyikapi tudingan tersebut, dan sore ini (Selasa, red) rencananya saya akan me­mimpin rapat dengan SKPD terkait termasuk dengan bagian hukum. Tujuannya, untuk mem­bicarakan langkah apa yang akan diambil. Kita juga akan mengkaji soal adanya pro-kontra di tengah masyarakat mengenai investasi Lippo Group saat ini,” ujar Dewan Syuro PKS tersebut di sela-sela peringatan hari jadi Kabupaten Sijunjung.

Di sisi lain, Kesatuan Peda­gang Pasar (KPP) Kota Padang menggantungkan harapan agar muncul pemimpin yang ama­nah, aspiratif, mampu mem­per­baiki kota, serta mem­ba­ngun kembali terminal bus dan angkot di Pasar Raya Padang.

“Kita berharap Kota Padang bisa semakin baik dalam ber­bagai hal. Mulai pembangunan kota, ekonomi, pendidikan yang bermuara pada kesejah­tera­an warga kota,” harap Ketua KPP Kota Padang, Asril Manan kepada wartawan di Pasar Raya, kemarin.

Lintas ormas yang terdiri atas MTKAAM, Forum Libas, Paga Nagari dan perwakilan mahasiswa berharap, Komisi IV DPRD Sumbar bisa memfa­si­li­tasi untuk menjernihkan per­soalan soal rencana pem­ba­ngu­nan superblok Lippo Group. Bahkan Ketua MT­KA­AM Irfianda Abidin bersedia menalangi pengambilalihan lahan yang menjadi sorotan tersebut.

(padek)


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Irwan Prayitno Tegas Tolak Bakar Lilin Untuk Ahok di SUMBAR

serambiMINANG.com – Irwan Prayitno tegas tolak aksi bakar lilin untuk ahok di SUMBAR. Dalam cuitannya …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: