Beranda / Uncategorized / Bantuan Arab Saudi Belum Ada Kejelasan, Turki Bantu Masjid Raya Sumbar 10 Miliar

Bantuan Arab Saudi Belum Ada Kejelasan, Turki Bantu Masjid Raya Sumbar 10 Miliar

KASURAU – Rencana pemba­ngunan Masjid Raya Sumatera Barat dengan memanfaatkan sumbangan dana dari pihak Arab Saudi, tampaknya belum menampakkan hasil.

Ke depan, pencarian dana ke beberapa negara Islam, seperti Maroko, akan terus dilakukan pihak Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

“Saat ini realisasi dari bantuan Arab Saudi ini belum ada yang kita terima di rekening. Meskipun demikian, rencana penggalangan dana dari pihak ketiga tetap kita lanjutkan hingga target pembangunan selesai pada tahun 2015 mendatang. Apalagi saat ini masjid sudah terbuka untuk umum,” terang Kepala Biro Bina Sosial Setdaprov Sumbar, Syahril B, ketika dihubungi Kamis (20/3).

Sebelumnya, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Mustafa Ibrahim sempat mendatangi Masjid Raya Sumbar pada November tahun lalu. Rencananya Pemerintah Arab Saudi akan memberikan bantuan kepada Sumbar. Memasuki bukan kelima usai kunjungan tersebut, rencana tersebut ternyata masih belum kunjung terwujud.

Syahril menegatakan, untuk saat ini sesudah didapatkannya bantuan karpet asal Turki dengan nilai sekitar Rp10 miliar, untuk tahap selanjutnya akan dibantu lagi karpet untuk ukuran 1.200 meter pada lantai III. Kemudian ada juga bantuan untuk menara masjid dari lembaga PASIAD Turki ini.

Baca :   Cara Mudah Menghadapi Kritikan Pedas

“Sejauh ini sejak dibangun pada tahun 2009 lalu, pembangunan hanya memanfaatkan dana APBD sekitar Rp170 miliar. Dengan diberikannya bantuan karpet dari Turki ini, diharap bisa memotivasi kelanjutan pembangunan masjid ini. Tahun 2014, dianggarkan dana sekitar Rp18,5 miliar untuk kelanjutan pembangunan tahap V,” jelas Syahril.

Pembangunan Masjid Raya Sumbar ini awalnya diperkirakan memakan dana sekitar Rp0,5 triliun. Saat ini masjid sudah mulai beroperasi dengan dibukanya masjid untuk salat 5 waktu dan salat Jumat. Masjid ini juga sudah memiliki 2 orang gharin tetap dan 2 orang cleaning service yang standby di kawasan masjid.

Pembangunan pada tahun 2014 ini dilanjutkan pada proses akhir di lantai II. Kemudian kerangka untuk lantai III. Untuk desain berkonsultasi dengan PT Penta sebagai konsultan di bidang perencanaan.  “Selama ini kita terkendala dana untuk menyelesaikan pembangunan masjid. Upcaya pencarian dana dengan cara lebih kreatif akan tetap dilakukan,” pungkas Syahril.

(haluan)s


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Aksi Rakyat Palestina Selama Ramadhan

serambiMINANG.com – Infopalestina: Bulan Ramadhan adalah Bulan Barokah, begitulah orang umat Islam  menyebutnya. Mereka bergembira …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: