Beranda / Uncategorized / Gubernur Sumbar Ajak Masyarakat Jadikan Dakwah Sebagai Pekerjaan Utama

Gubernur Sumbar Ajak Masyarakat Jadikan Dakwah Sebagai Pekerjaan Utama

KASURAU – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno memberikan tausiahnya pada tabligh akbar di Masjid Nurul Iman, Padang.  Tausiah dilaksanakan usai shalat Magrib bersama jamaah, Sabtu malam (15/3).

“Pekerjaan dakwah merupakan pekerjaan yang utama disamping kita bertugas sebagai PNS, Polisi, Pedagang. Itu kerjaan karena tugas, jadi berdakwahlah kegiatan nomor satu. Dalam Islam dakwah itu 24 jam untuk anak, istri dan keluarga” kata Irwan Prayitno.

Lebih lanjut disampaikan, dakwah adalah aktivitas menyeru manusia kepada Allah SWT dengan hikmah dan pelajaran yang baik dengan harapan agar objek dakwah yang kita dakwahi beriman kepada Allah SWT dan mengingkari taghut (semua yang diabdi selain Allah) sehingga mereka keluar dari kegelapan jahiliyah menuju cahaya Islam.

Jika kita melihat ayat-ayat Al-Quran maupun hadits-hadits Rasulullah SAW, kita akan banyak menemukan keutamaan dakwah yang luar biasa. Dengan mengetahui, memahami, dan menghayati keutamaan dakwah ini seorang muslim akan termotivasi secara kuat untuk melakukan dakwah dan bergabung bersama kafilah dakwah di manapun ia berada.

Mengetahui keutamaan dakwah termasuk faktor terpenting yang mempengaruhi konsistensi seorang muslim dalam berdakwah dan menjaga semangat dakwah, karena keyakinan terhadap keutamaan dakwah dapat menjadikannya merasa ringan menghadapi beban dan rintangan dakwah betapapun beratnya.

Baca :   Jam Setengah 5 Sore Azan Berkumandang di Desa Ini ,Azan Sholat Apa?

Setiap umat Islam adalah sebaik-baik umat yang diciptakan oleh Allah untuk melakukan kebajikan dan mencegah kemungkaran. Melakukan kebaikan mestilah secara berterusan walaupun sedikit. Kemudian akhirnya dilakukan secara tetap dan lebih banyak.

Tugas berdakwah tidak semestinya terletak kepada tanggung jawab pendakwah, penceramah, imam dan ahli jawatan kuasa masjid saja. Malah ia boleh menjadi tugas dan tanggungjawab guru dan ustaz di sekolah serta orang biasa.

Sebagai orang yang beriman kepada Allah SWT hendaklah menyuruh dan mengajak orang lain beriman kepadaNya. Sebagai umat yang terpilih dan terbaik dakwah adalah jalan terbaik mengajak orang lain beriman kepada Allah.

Ditegaskan, “Dakwah mempunyai banyak kebaikan, menyampaikan Islam kepada orang lain kita mendapat pahala, sesama kita saling harga menghargai dan mengingatkan. Jadi jadikanlah dakwah sebagai pekerjaan utama,” ajaknya.(*)


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Irwan Prayitno Tegas Tolak Bakar Lilin Untuk Ahok di SUMBAR

serambiMINANG.com – Irwan Prayitno tegas tolak aksi bakar lilin untuk ahok di SUMBAR. Dalam cuitannya …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: