Beranda / Uncategorized / KPU Padang Tetapkan Mahyeldi Menang, Desri ke MK

KPU Padang Tetapkan Mahyeldi Menang, Desri ke MK

KASURAU – KPU Kota Padang menetapkan pasangan Calon Walikota-Wakil Walikota MahEm sebagai pemenang Pilkada Kota Padang putaran kedua, setelah dilangsungkan rapat pleno rekapitulasi suara Selasa  (11/3) di Ballroom Hotel Inna Muara, Padang. Pasangan DeJe akan memperkarakan kecurangan Pilkada ke MK.

Hasil rapat pleno rekapitulasi suara yang dilaksanakan KPU Padang MahEm menang dengan perolehan 148.864 suara atau 50,29 persen. Sedangkan, pasa­ngan DeJe memperoleh 147.166 suara atau 49,71  persen. Selisih suara antara kedua pasangan calon cukup tipis yaitu 1.698 suara atau 0,58 persen. Jumlah total suara sah 296.030 suara dan tidak sah 4.197 suara.

Dibandingkan dengan Pilkada Padang putaran pertama, parti­sipasio pemilih di putaran kedua ini menurun. Total jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya di putaran kedua 300.227 pemilih atau 53,6 persen. Sedang­kan yang tidak menggunakan hak pilihnya alias golput (golo­ngan putih) sebanyak 260.058 atau 46,4 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) 560.285 pemilih. Pada pilkada putaran pertama partisi­pasi pemilih 57,73 persen.

Rangkaian rapat pleno berlang­sung cukup alot. Mulai pukul 10.00 WIB dan selesai pukul 16.00 WIB. Rencananya rapat pleno akan dimulai  pukul 09.00 WIB, tapi Penjabat (Pj) Walikota Padang H Erizal SH dan sejum­lah pejabat di daerah ini terlam­bat datang, maka terjadi kemo­loran hingga satu jam.

Di dalam ruangan pleno dan di luar ruangan pleno serta di sekitar hotel ditempatkan 150 orang personel polisi. Hal itu ditujukan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi di tengah-tengah rapat pleno rekapitulasi tersebut.

Sebelum dilakukan rapat pleno KPU Padang mengatakan tata tertib rapat pleno yang akan diselenggarakan, untuk yang berkeberatan nantinya akan diberikan waktu untuk menyam­paikan argumennya masing-masing.

Setelah pembacaan keputusan hasil Pilkada Kota Padang putaran kedua oleh Ketua KPU Kota Padang Alison, selanjutnya saksi dari kedua belah pihak diminta untuk menandatangani lembaran hasil pleno tersebut. Namun yang bersedia menan­datangani hanya saksi pasangan MahEm saja. Sedangkan saksi pasangan DeJe menolak menan­datangani berita acara rapat pleno hasil Pilkada putaran kedua itu. Saksi DeJe dengan lantang menyatakan akan membawa temuan kecurangan di Pilkada putaran kedua ke MK.

Baca :   Balada Cinta Keluarga Pejuang

“Yang pasti kami sudah sampaikan dalam rapat pleno ini. Kemungkinan dalam tiga hari ke depan kami pasti akan melaporkan dugaan pelanggaran yang kami temukan ke MK,” kata Ketua Tim Advokasi DeJe, Virza Benzani, usai rapat pleno.

Ketua KPU Padang Alison mengatakan, untuk hasil pleno tingkat KPU padang sudah final. Jika ada dari kedua pasang calon yang merasa tidak puas dengan hasil pleno, dan berencana melan­jutkan ke MK, maka sepenuhnya akan diserahkan ke MK.

Terpisah, James Hellyward mengatakan untuk hasil pleno rekapitulasi KPU diterimanya dan dianggap sudah berjalan semes­tinya, dikatakan juga pihak DeJe memastikan akan mela­kukan gugatan ke MK mulai dari proses pilkada putaran bergulir sampai penghitungan akhir.

“Yang kita dengar tadi kan baru rekapitulasi angka-angka, belum ada yang menang atau yang kalah. Nanti keputusan dari MK yang menentukan siapa yang kalah dan siapa yang menang. Lagipula bedanya hanya 0,8, sebagai insan yang beragama kita manusia harus tau apa yang sudah kita lakukan,” ujarnya.

Menanggapi rencana gugatan DeJe ke MK, Wakil Ketua DPW PKS Sumbar, Marfendi menilai itu adalah hal biasa dalam menyikapi keputusan KPU Kota Padang dalam menetapkan hasil Pilkada. “Kita ikuti saja jika pihak DeJe ingin menggugat ke MK. Apapun nanti yang dipu­tuskan MK, maka itulah yang terbaik untuk Kota Padang ke depan,” pungkas Marfendi.

(harianhaluan)


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Betonisasi Jalan Kota Padang Tinggal 26 Persen Lagi

serambiMINANG.com – Proses betonisasi jalan di beberapa wilayah Kota Padang, Sumatera Barat hingga Oktober tahun ini …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: