Beranda / Uncategorized / Buka Sosialisasi Perda Perda Perlindungan Perempuan dan Anak, Irwan Prayitno Ajak Masyarakat Peduli

Buka Sosialisasi Perda Perda Perlindungan Perempuan dan Anak, Irwan Prayitno Ajak Masyarakat Peduli

KASURAU – Bertempat di hotel daima,padang, kamis pagi (3/4),Sosialisasi perda nomor 5 thn 2013 ttg perlindungan perempuan dan anak dibuka secara resmi oleh gubernur sumbar. Selain gubernur membuka secara resmi acara ini, juga turut mendampingi gubernur anggota komisi IV DPRD Prov. Sumbar Abel Tasman dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Ratnawilis. Acara ini diikuti oleh Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak se Sumbar, LSM dan aparat pembina hukum.

Berdasarkan data 2012,kekerasan terhadap perempuan di sumbar adalah 225 kasus dan anak 38 kasus. Sedangkan 2013 tercatat 373 kasus terhadap perempuan dan 32 kasus pada anak. Data ini menjukkan masih tingginya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Ratnawilis dalam laporannya menyampaikan,pelaksanaan sosialisasi ini mempunyai tujuan memasyarakatkan kebijakan yg dilakukan oleh pemda terhadap perlindungan perempuan dan anak,sehingga masyarakat dari segala lapisan memahami makna perlindungan perempuan dan anak.

Irwan Prayitno menyatakan ada beberapa faktor penyebab terjadi nya kekerasan,seperti faktor budaya masyarakat yang memandang perempuan lebih rendah dari padd laki-laki dan persepsi yg salah tentag pembenaran kekerasan sebagai hal yangg biasa dan merupakan hak dari pelaku. Padahal sudah ada 7 undang-undang yg mengatur tentang perlindungan perempuan dan anak.

Baca :   Kampanye, Irwan Prayitno Ajak Masyarakat Pilih Caleg Peduli dan Takut Pada Allah SWT

Gubernur Sumbar juga mengatakan, “untuk mengatasi masalah ini diperlukan kepedulian dan kesadaran seluruh masyarakat yg dapat dimulai dari tingkat instansi dasar,yaitu lingkungan keluarga. Selain itu pemerintah juga sudah mengambil langkah MoU bersama aparat penegak hukum ttg standar pelayanan minimal (SPM)”. Ungkapnya

“Dalam kesempatan ini saya sampaikan kepada seluruh peserta bahwa permasalahan ini sangatlah kompleks, perlu penanganan yg komprehensif, terpadu antar sektor, serta peran masyarakat, organisasi sosial, lembaga keagamaan dan lembaga terkait lainnya dlm menangani masalah ini, dan tidak kalah penting adannya koordinasi dg instansi dan lembaga yg mempunyai peran dlm penanganan masalah ini” ungkap gubernur sumbar ke 12 ini.(*)


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Irwan Prayitno Tegas Tolak Bakar Lilin Untuk Ahok di SUMBAR

serambiMINANG.com – Irwan Prayitno tegas tolak aksi bakar lilin untuk ahok di SUMBAR. Dalam cuitannya …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: