Beranda / Uncategorized / Berikut Kerja Nyata Mahyeldi, Walau Baru Seumur Jagung Memimpin Kota Padang

Berikut Kerja Nyata Mahyeldi, Walau Baru Seumur Jagung Memimpin Kota Padang

KASURAU – Kendati duet Mahyeldi – Emzalmi belum lagi seumur jagung sejak dilantik sebagai Walikota dan Wakil Walikota Padang. Namun, publik menagih realisasi dari program – program yang diusung pemimpin baru Kota Padang itu. Terutama program seratus hari kerja, yang tepat hari ini, Sabtu (21/6) memasuki satu bulan delan hari (38 hari).

Walikota Padang Mahyeldi, saat dikonfirmasi wartawan soal realisasi program kerja ini mengatakan, semua program yang telah dibuat sudah pasti dilaksanakan. “Sedangkan program seratus hari bukanlah target final dari pelaksanaan program yang dibuat, melainkan langkah awal yang bisa jadi menentukan arah kerja selanjutnya,” kata Mahyeldi usai menghadiri pengukuhan pengurus IPHI kecamatan se-Kota Padang di Masjid Nurul Iman, Sabtu (21/6).

Mahyeldi mengatakan, pelaksanaan pengaspalan dan betonisasi jalan lingkungan, perbaikan trotoar serta pengendalian banjir dan genangan air telah mulai dilaksanakan.

“Ada beberapa titik prioritas yang sedang kita lakukan pengaspalan jalan lingkungan. Diantaranya terdapat di Dadok Tunggul Hitam, Koto Tangah dan Air Tawar Padang Utara serta beberapa kawasan di Kuranji dan Lubeg,” kata Mahyeldi.

Untuk pendidikan, Walikota mengtakan, sudah dicanangkan pendidikan gratis 12 tahun bersamaan dengan pencanangan Pesantren Ramadhan tahun ini. “Kita juga anggarkan tahun ini untuk pemberian beasiswa bagi semua pelajar dan mahasiswa berprestasi dari keluarga miskin,” ujarnya.

Menyediakan terminal angkutan kota dan terminal bus dalam 2 tahun, serta penataan sistem transportasi kota yang lebih baik, semua itu menurut Mahyeldi sudah diawali dengan penertiban kawasan Pasar Raya, penataan pedagang dan melengkapi rambu – rambu dan marka jalan. “Program kita dalah membangun Pasar Raya Padang dalam dua tahun dan revitalisasi pasar-pasar pembantu,” sebutnya.

Baca :   Mahyeldi Nilai Penolakan Capres Jokowi-JK Pada Perda Syariat Bertentangan Dengan Falsafah Minang

Untuk program merehab 1.000 unit rumah tidak layak huni pertahun dan pelayanan kesehatan gatis di Puskesmas dan RSUD serta ambulan gratis bagi warga miskin. “Kita sudah mulai merehab beberapa rumah tak layak huni, dalam tahun ini kita upayakan dapat terlaksana pada seribu rumah. Program kesehatan, selain BPJS, sarana dan prasarana RSUD dan Puskesmas kita mulai tingkatkan,” ungkap Mahyeldi.

Lebih lanjut Mahyeldi memaparkan, bantuan operasional kecamatan, kelurahan, RW, RT serta Guru TPQ/TQA/MDA menjadi 200 persen.”Ini sudah kita realisasikan. Kita mulai menaikan 25 persen di semerter ini, secara bertahap akan kita tingkatkan hingga 200 persen,” sebutnya.

Memberikan santunan kematian Rp1 juta untuk warga Kota Padang, dikatakan Mahyeldi sudah mulai dilaksanakan.

Kemudian, mendorong pertumbuhan ekonomi, mencetak 10.000 wirausahawan baru dan pengembangan ekonomi kreatif, UMKM serta pemberdayaan ekonomi masyarakat petani dan nelayan.”Program ini sudah pasti kita wujudkan sebagai amanah untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan masyarakat,”ulas Mahyeldi.

Sedangkan penataan padagang Pantai Padang dilakukan melalui partisipasi BUMN dan perusahaan swasta dengan membangun Lapau Panjang Cimpago untuk relokasi pedagang yang ada di bibir pantai. Lalu, merevitalisasi objek wisata Kota Padang menjadi wisata keluarga dan konvensi yang layak dan ramah. “Melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sudah disusun konsepnya, Kita akan rehab Batu Malin Kundang, Pantai Air Manis, Kawasan Kota Tua dan Gunung Padang. Untuk itu sudah ada Investor yang meliriknya,”imbuh Mahyeldi.

Terakhir, menyediakan anggaran untuk tunjangan daerah bagi PNS dan tenaga honorer.”Tentunya ini dapat dianggarkan di anggaran perubahan karena saat ini anggaran sudah berjalan,” tutup Mahyeldi.

(*)


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Betonisasi Jalan Kota Padang Tinggal 26 Persen Lagi

serambiMINANG.com –¬†Proses betonisasi jalan di beberapa wilayah Kota Padang, Sumatera Barat hingga Oktober tahun ini …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: