Beranda / Uncategorized / Alhamdulillah, Selama 2014 Sumbar Telah Raih 22 Penghargaan

Alhamdulillah, Selama 2014 Sumbar Telah Raih 22 Penghargaan

KASURAU – Jumlah Koperasi di Indonesia terus mengalami peningkatan jumlah, tercatat pada tahun 2009 jumlah koperasi sebanyak 170.411 unit, sedangkan pada tahun 2013 telah mencapai 203. 701 unit, dengan jumlah anggota sebanyak 35.258.176 orang. Peningkatan jumlah koperasi tersebut, didukung dengan upaya peningkatan kualitasnya, dengan melakukan berbagai program pemberdayaan Koperasi yang sinergi dengan program-program Gerakan Koperasi Yaitu Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN) antara lain melalui program Gerakan Masyarakat Sadar Koperasi.

Perkembangan tersebut sangat membanggakan dan selaras dengan cita-cita menjadikan Koperasi Indonesia menjadi Koperasi berskala Besar baik tingkat nasional, regional ataupun Internasional dan dibuktikan dengan pada November 2013 salah satu Koperasi Indonesia telah mampu menembus peringkat 233 diantara 300 koperasi dunia, yaitu koperasi Warga Semen Gresik dan diharapkan ini menjadi motivator bagi Koperasi lainnya agar mengikuti atau bahkan lebih prestasinya.

Untuk tahun 2014 Sumbar mendapat prestasi sangat membanggakan, yaitu dengan meraih 22 penghargaan nasional dalam berbagai kategori. Diantaranya 6 menerima tanda kehormatan Satyalancana, 10 penghargaan Bhakti Koperasi dan UKM serta 6 Koperasi terpilih dan ditetapkan sebagai Koperasi berprestasi tingkat nasional. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden RI pada acara puncak peringatan Hari Koperasi tingkat Nasional tahun 2014 di Medan, Sumut.

“Untuk Sumatera Barat jumlah Koperasi yang aktif adalah sebanyak 3.747 unit. Pertumbuhan koperasi disumbar sangat besar, dan selain jumlah yang tapi kualitas juga semakin membaik, kerana diberikan pembinaan-pembinaan kepada kopreasi, dan setelah didata koperasi yang kurang bagus akan kita bina, koperasi yang kurang baik dalam segi kegiatan akan dibantu juga dengan pemberiaan modal “, ujar Gubernur Irwan Prayitno pada saat Upacara Bendera peringatan hari Koperasi ke-67 Tahun 2014 di Halaman Kantor Gubernur Sumbar, Kamis (17/7). Hadir juga pada kesempatan tersebut Wakil Gubernur Muslim Kasim, Walikota Padang, Forkopimda Provinsi serta Kepala SKPD-SKPD dilingkungan Prov. Sumbar.

Baca :   Sumatera Barat Raih Pelayanan Publik Terbaik Nasional dan Tertinggi di Indonesia

Koperasi yang paling menonjol di sumatera adalah koperasi yang bergerak pada kegiatan usaha mikro dan kecil dan ini merupakan contoh atau kecenderungan bahwa masyarakat minang kebanyakan bergerak di bidang perdagangan, dan dengan bantuan koperasi akan mampu meningkatkan produk dan nilai jual oleh masyarakat tersebut, dan akan terus dibantu secara bertahap dari kecil, menengah dan besar.

” Untuk koperasi yang tidak aktif akan diberhentikan secara resmi, agar tidak menimbulkan masalah akan dipanggil seluruh anggota koperasi tersebut, namun apabila koperasi tersebut masih bisa untuk digerakkan tidak menutup kemungkinan akan dibina dan dibantu” tambah Gubernur.

Selain itu Gubernur juga menyerahkan penghargaan kepada koperasi berprestasi serta bantuan sarana maupun modal. KUD Tunas Muda dari Kab. Pasaman dan KUD Saiyo Makmur dari Kota Solok menerima bantuan Handtractor, kemudian bantuan motor kebersihan untuk revitalisasi pasar tradisional diberikan kepada Koppas Sanjung dari Kab. Sijunjung. Sedangkan untuk koperasi berprestrasi tingkat Prov. Sumbar diraih oleh KKSP Semen Padang diperingkat I, dan KUD Tiku V jorong, Agam serta KSP Kubang Gantung, Kab. Solok diperingkat II dan III.

Khusus untuk PNS dilingkungan Pemprov. Sumbar diberikan undian kupon berhadiah simpanan sukarela anggota koperasi, Drs. Alwis, Maswal Noordan Desrizal mendapatkan hadiah Sepeda Motor dan Sepeda.

Untuk Kota Padang mendapat penghargaan atas dukungan dalam penumbuhan Koperasi jasa keuangan syariah (KJKS) terbanyak di Prov. Sumbar yaitu 74 buah.

(*)


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Irwan Prayitno Tegas Tolak Bakar Lilin Untuk Ahok di SUMBAR

serambiMINANG.com – Irwan Prayitno tegas tolak aksi bakar lilin untuk ahok di SUMBAR. Dalam cuitannya …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: