Beranda / Uncategorized / Irwan Prayitno Serahkan Bantuan Untuk Nelayan Pesisir Selatan Senilai 2,3 miliar

Irwan Prayitno Serahkan Bantuan Untuk Nelayan Pesisir Selatan Senilai 2,3 miliar

KASURAU – Gubernur Irwan Prayitno disela-sela kunjungan Tim Safari Ramadhan ke Kabupaten Pesisir Selatan menyerahkan bantuan perikanan untuk nelayan di Pesel, di rumah Dinas Bupati (16/7). Hadir dalan kesempatan Bupati Nasrul abit, anggota DPRD Sumbar Saidal Maspiuddin, Kadis Perikanan Ir. Yosmeri, Kadis Sosial, Kabiro Umum, Kabiro Humas, Kabiro Binsos, beberapa kepala SKPD dilingkungan Pemkab Pessel.

Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan,penyerahkan bantuan peralatan perikanan dan lain-lain ini merupakan suatu dukungan dan bantuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan yang ada di pesisir pantai Sumatera Barat.
“ Bantuan ini hanya dapat sekali, karena itu mahon dijaga dengan baik, karena masih begitu banyak pula saudara-saudara kita yang lain membutuhkan bantuan ini “, harap Irwan.

Ada GPEMP, Gerakan Pensejahteraan Rakyat Pesisir di Sumatera Barat , saat ini ada. 5.680 KK miskin, kita melakukan upaya penuntasan angka kemiskinan di 7 Kab/Ko se-Sumatera Barat yang juga mendapat dukungan dari Kementrian Kelautan Perikanan RI melalui APBN.

Kita memiliki target pertahun untuk mengurangi angka kemiskinan masyarakat pesisir 1.400 KK pertahun, dengan melakukan pemberian bantuan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui bantuan modal dan alat tangkap bagi nelayan dan masyarakat miskin. Bantuan ini berupa stimulus, sebagai rangsangan untuk memotivasi masyarakat supaya peningkatan kesejahteraan hidupnya dapat lebih baik dari miskin menjadi sejahtera. Program ini juga kita padukan dengan juga memperhatikan sektor pendidikan, kesehatan, dan manajemen penataan ekonomi masyarakat, ungkapnya

Guberbur juga menegaskan dan menhimbau  agar dapat mManfaatkan bantuan ini dengan maksimal, terima dan pelihara dengan baik, sehingga dapat memberikan keuntungan untuk meningkatkan pendidikan anak sekolah, kebutuhan keluarga dan kebutuhan lain-lain.

Mohon perhatian juga pendidikan anak untuk usaha memutus mata rantai kemiskinan untuk kehidupan yang lebih baik lagi, jika jadi nelayan nelayan yang cerdas dan profesional. Kerja sungguh-sungguh, mudah-mudahan masyarakat miskin dapat merobah kesejahteraan hidup lebih baik .

Kita juga minta Dinas terkait juga agar melakukan evaluasi dan  cek in ricek  apakah masyarakat yang telah mendapat bantuan ini dapat berobah atau ada persoalan lain yang membuat tetap masih miskin ?. pintanya
Bupati Nasrul Abit, menyampaikan ada penyerahan mesin tempel perikanan  dan bantuan lainnya kami atas nama masyarakat Pessel mengucapkan terima kasih atas bantuan.  Ada banyak nelayan tradisional, layar dan ada juga nelayan yang telah memakai long tail, hal ini menjadi pemikiran yang sulit dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan ini.

Baca :   1500 Jamaah Hadiri Shalat Istisqa Bersama Gubernur Sumbar

Sementara  dalam sektor pertanian dalam beberapa daerah kegiatan ini cepat bangkit, seperti masyarakat kita yang ada di Lunang Silaut dan Tapan. Setelah mereka mau mengerjakan lahan-lahan kosong menjadi produktif, semakin hari terasa perubahan peningkatan kesejahteraan hidup mereka.

Untuk itu agar bantuan ini dapat bermanfaat lebih baik, mari jaga dan pertahankan system kelompok perikanan yang produktif secara baik. Para Nelayan diharapkan mampu menjalin kerjasama dan persudaraan yang kuat dalam kelompok untuk meningkatkan kesejahteraan hidup lebih baik, himbaunya.

Bupati Nasrul Abit juga menekankan agar para nelayan dapat menjaga kelestarian laut dengan baik, bagi yang para nelayan yang melakukan kegiatan meracun dan kegiatan yang merusak terumbu karang, tolong segera diberi tahu, kita akan tangkap dan proses dengan tegas, siapapun dia !. Termasuk kapal-kapal dari daerah lain yang masuk perairan pesisir selatan, tegasnya

Bantuan yang diserahkan berupa mesin temple 7 buah, long tail 135 buah, GPS 10 buah, Gill Net 59 buah, Ice Causer 4 buah, Fish Box 1 Ton 10 buah, Induk Ikan Nila 3.200 Kg, Induk Ikan Lele 100 Kg. pellet makanan Ikan 1.200 Kg, Sepeda Motor Pemasaran Ikan 1 unit, Benih Ikan 40.000 ekor, Penanaman Bakau 1.300 Batang, terumbu karang 1.500 sport dan Kapal Pompong 5 buah. Total bantuan senilai Rp. 2,3 Miliar.

(*)


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Irwan Prayitno Tegas Tolak Bakar Lilin Untuk Ahok di SUMBAR

serambiMINANG.com – Irwan Prayitno tegas tolak aksi bakar lilin untuk ahok di SUMBAR. Dalam cuitannya …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: