Beranda / Uncategorized / Mahasiswa Indonesia Temukan Obat Anti Kanker dari Tinta Cumi-Cumi

Mahasiswa Indonesia Temukan Obat Anti Kanker dari Tinta Cumi-Cumi

KASURAU – Kalau selama ini cumi-cumi hanya tersaji di meja makan sebagai menu makanan, mulai sekarang binatang laut itu juga akan hadir di laboratorium kesehatan.

Ada bagian dari cumi-cumi yang selama ini dibuang, ternyata bermanfaat. Di tangan tim mahasiswa Biologi Universitas Gajah Mada, tinta cumi-cumi bisa menjadi obat anti-kanker.

Riset Riswi Haryatfrehni, Rahadyan Aulia, Afra Meilianda, Ni Wayan Erly, Immanuel Sanka, Muhammad Ali Fikry, dan Nungke Diah, menemukan tinta cumi-cumi bersifat alkaloid.

Bahan itu kemudian diuji secara in-vitro pada sel makrofag. Tinta cumi-cumi yang berwarna hitam pekat dan selama ini digunakan mempertahankan diri dari musuh, juga melalui pengujian fagositosis.

Namun, bentuk konkret pemanfaat tinta cumi-cumi masih melalui penelitian lebih lanjut. “Pengembangan pengujian tinta cumi masih terus dilakukan untuk mengetahui berbagai manfaat lainnya,” kata Imanuel Sanka, Senin, 14 Juli 2014.

Baca :   Gubernur Sumbar Serahkan Bantuan Kepada Gapoktan 150 Juta

Ia melanjutkan, tim riset masih akan melakukan kolaborasi penelitian mengenai potensi lain dari tinta cumi. Menurutnya, tinta cumi juga belum banyak dikaji di Indonesia, terutama di bidang biomedis.

Wakil Indonesia

Empat anggota tim riset itu merupakan wakil Indonesia dalam ajang International Young Inventors Award (IYIA) 2014. Kegiatan itu berlangsung 4-5 Juni 2014 lalu.

IYIA 2014 diadakan oleh Association of Young Innovators and Scientist Indonesia (AYISI) bekerjasama dengan INOTEK dan Kementerian Riset dan Teknologi Indonesia.

Itu merupakan pertemuan internasional para peneliti muda, yang dihadiri ratusan peserta dari 11 negara meliputi Indonesia, Malaysia, Taiwan, Korea, Polandia, Thailand, Romania, Mesir, Kroasia, Krygyztan, dan Kanada.

“Tim tinta cumi berhasil mendapatkan Gold Prize serta Special Award dari Association of Polish Inventors and Rationalizers,” kata Sanka lagi.

(viva)


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

[Alkisah] Agar jangan sampai dikatakan, di kalangan Muslimin tidak ada lagi orang yang mau memberi maaf dan sayang kepada saudaranya

[Alkisah] Agar jangan sampai dikatakan, di kalangan Muslimin tidak ada lagi orang yang mau memberi maaf dan sayang kepada saudaranya

Suatu hari, Umar sedang duduk di bawah pohon kurma dekat Masjid Nabawi. Di sekelilingnya, para …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: