Beranda / Uncategorized / Walikota Padang, Mahyeldi Sahur Bersama di Rumah Amak Siti

Walikota Padang, Mahyeldi Sahur Bersama di Rumah Amak Siti

KASURAU – Tim Singgah Sahur kembali menembus dinginnya dini hari di tengah sunyi geliat kota, Sabtu (12/7). Target kali ini sebuah rumah di Purus V Padang Barat, dimana tinggal seorang nenek 78 tahun bernama Siti Alwi.

Wanita sepuh ini, ditinggal mati suaminya, Jafar Alwi, sejak 1969 silam. Kala itu tujuh anak mereka masih kecil – kecil. Yang sulung masih usia 13 tahun, sementara anak paling bungsu masih 9 bulan.

Namun kehidupan harus berjalan dengan segala kebutuhan, sehingga Siti muda harus berjuang demi kebutuhan anak – anaknya. Berbagai pekerjaan pernah ia lakoni, mulai menjadi pelayan kantor atau sekarang dikenal sebagai officegirl, sampai menerima upah mencuci dari rumah ke rumah.

Kehidupan yang berat harus ia jalani, sehingga Siti terpaksa menitipkan putri bungsunya, Nurmailis, di panti asuhan. Sampai kelak, ia menamatkan SMEA. Lalu, Nurmailis pula yang akhirnya menjadi tulang punggung keluarga dan merawat ibundanya yang mulai renta.

Sementara, anak – anak siti yang lain semua mulai merantau untuk meyabung nasib. Berhasil memang, setidaknya mereka telah berkeluarga dan bertanggung jawab terhadap keluarga mereka masing, masing.

Sayangnya, Siti Aminah, anak yang kedua dalam keluarga itu terserang stroke di Jakarta. Ia harus berpisah dengan suami dan anak – anaknya mengikuti ayahnya. Rumah dan seluruh hartanya dijual. Siti Aminah akhirnya tinggal bersama ibunya yang sepuh. Praktis Siti Aminah juga menjadi tanggungan Nurmailis.

Selain ibu dan kakaknya ini, Nurmailis juga menaggung dua keponakannya, anak dari kakaknya yang lain. Praktis perempuan yang belum menikah di usianya 41 tahun itu harus menjadi perempuan perkasa yang diandalkan keluarga.

Nurmailis sendiri saat ini, menghidupi keluarga itu dengan menjajakan gorengan dari rumah ke rumah. Atau kadang – kadang mengambil menerima upah mencuci dan menyetrika.

Baca :   Alhamdulillah, Jalur Dua By Pass Bulan April Mulai Dibangun

Beruntung, keluarga Siti Alwi ini bisa bernaung di rumah sederhana peninggalan suami, meskipun di atas tanah yang dipinjamkan pemiliknya yang dermawan. Tetapi, banjir pasang nyaris setiap bulan mengancam rumah yang berlokasi di tepi Bandar Purus itu. Belum lagi banjir akibat curah hujan yang tinggi.

Penderitaan warga semacam inilah yang bakal dientaskan Pemerintah Kota Padang dibawah kepemimpinan Walikota Mahyeldi dan Wakil Walikota Emzalmi, melalui program – programnya.

“Kita melihat keluarga ini belum memiliki jaminan kesehatan lantaran tidak masuk BPJS. Begitu juga untuk perbantuan sosial, mereka mesti mendapat prioritas,” ungkap Mahyeldi usai sahur bersama keluarga tersebut.

Mahyeldi menambahkan, di keluarga ini ada yang berpendidikan Diploma, tapi belum punya kartu kuning dari Disosnaker untuk bisa melamar pekerjaan. ” Menurut mereka untuk mengurus itu membutuhkan uang sehingga mereka cenderung abaikan lantaran mereka sendiri merasa tak punya uang untuk itu. Ini informasi yang salah. Lurah dan Camat harus bisa menginformasikan hal – hal yang berkaitan dengan ini agar masyarakat mendapat informasi yang valid,” imbuh Walikota.

Kepala Disosnaker Frisdawati Boer yang turut dalam tim ini menyebutkan, jika informasi terkait lowongan kerja dan untuk mendapatkan kartu kuning bisa langsung ke Disosnaker. “Tak ada biaya yang dipungut untuk itu. Sedangkan untuk lowongan kerja setiap tahunnya Disosnaker juga menggelar busa kerja online yang diikuti puluhan perusahaan di Sumatera Barat,” kata Frisdawati.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Eka Lusti di kesempatan ini juga berjanji akan menguruskan Jaminan Kesehatan BPJS bagi keluarga Siti Alwi.

Dalam kesempatan ini, Walikota Mahyeldi menyerahkan bantuan kepada keluarga Siti Alwi. Turut juga dalam tim Kepala Dinas Pendidikan Indang Dewata, Camat Padang Barat dan Lurah Purus. (*)


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Betonisasi Jalan Kota Padang Tinggal 26 Persen Lagi

serambiMINANG.com –¬†Proses betonisasi jalan di beberapa wilayah Kota Padang, Sumatera Barat hingga Oktober tahun ini …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: