Beranda / Uncategorized / Doa Setelah Shalat Istikharah Ketika Ingin Meminang

Doa Setelah Shalat Istikharah Ketika Ingin Meminang

KASURAU – Pernikahan yang sakinah, mawaddah dan warahmah adalah penikahan yang tentu saja mendapatkan ridha dari Allah SWT, dan semua kita pastinya menginginkan hal demikian terjadi ketika kita telah memulai bahtera rumah tangga.

Keinginan kuat menuju pernikahan, hendaklah kita selalu mengikutkan Allah SWT dalam proses menjalaninya dan salah satu cara mengawalinya adalah dengan melakukan shalat istikharah (meminta pilihan) kepada Allah SWT.

Kenapa shalat istikharah? Karena dengan melakukannya kita berharap Allah SWT nantinya dapat menentukan kebaikan atas setiap pilihan yang kita berikan kepada Allah SWT bagi kehidupan kita dengan selalu mengharapkan keridhaan-Nya.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadist:

Jika salah seorang di antara kaliam mempunyai keinginan terhadap sesuatu, hendaklah dia melaksanakan shalat sunnah dua raka’at. Kemudian hendaklah dia mengatakan (berdoa’a):

“Ya Allah sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu dan aku memohon ketentuan-Mu dengan kekuasaan-Mu dan aku memohon keutamaan-Mu yang agung. Sesungguhnya Engkau Maha Mampu dan aku tidak memiliki kemampuan, Engkau Maha Mengetahui dan aku tidak mengetahui, dan Engkau adalah Dzat yang Maha Mengetahui perkara ghoib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwasa urusan ini baik bagi agamaku, kehidupanku, dan akhir urusanku -atau ia mengatakan: dalam urusan yang saat ini ataupun yang akan datang-, maka tentukanlah bagiku dan permudahlah urusan itu, lalu berilah aku keberkahan bahwa perkara ini jelek bagi agamaku, kehidupanku dan akibat urusanku -atau ia berkata: dalam urusan yang saat ini dan yang akan datang-, maka jauhkanlah perkara ini dariku dan jauhkan diriku darinya. tentukanlah kebaikan untukku dimanapun aku berada, kemudian (setelah itu) ridhakanlah aku dengannya.”

Beliau berkata: “Dan dia menyebutkan keperluannya.(setelah doa di atas, lalu menyebutkan keperluan-red)” (HR. Bukhari)

Shalat istikharah sangat baik dilakukan pada sebagian waktu di akhir malam, hal ini dikarenakan pada waktu tersebut terdapat kejernihan jiwa dan jauhnya seseorang dari sesuatu yang menyibukkan seseorang dari shalat yang dilakukannya.

Baca :   Fatwa Ulama Arab Saudi Untuk Mereka Yang Klaim Dirinya Salafiyun

Lalu, surat apakah yang dibaca setelah membaca Al Fatihah ketika shalat istikharah?

Sebenarnya tidak ada surat khusus yang wajib dibaca ketika shalat istikharah dilaksanakan, tapi kemudian Imam An Nawawi dalam kitab Al-Adzkar menyebutkan dalam raka’at pertama setelah Al Fatihah membaca surat Al Kafirun dan pada Rakaat kedua membaca surat Al Ikhlas. Ibnu ‘Allan dalam Syahrul Adzkar mengatakan: “Al Hafizh Al-iraqi berkata: Aku tidak mendapati sesutupun dari jalur-jalur hadist adanya ketentuan tentang apa yang dibaca dalam shalat istikharah. Akan tetapi apa yang disebutkan An Nawawi sesuai, karena kedua surat itu berkaitan dengan perkara keikhlasan. Maka sesuailah membawa kedua surat itu dalam sebuah shalat yang dimaksudkan untuk mengikhlaskan keinginan dan kejujuran menyerahkan perkara dan urusan, serta menampakkan kelemahan di hadapan Allah.”

Imam An Nawawi pada akhir tulisan juga menambahkan, setelah melaksanakan shalat istikharah, maka lakukanlah yang mendatangkan kelapangan ketika melaksanakannya. Tapi sayangnya, manusia banyak yang tidak melakukan hal tersebut, karena kebanyakan hati menusia dipenuhi oleh dorongan hawa nafsu yang kuat sebelum dia melakukan shalat istikharah.

Doa yang disampaikan oleh Rasulullah SAW di atas, tidaklah hanya berlaku pada saat ingin meminang atau menuju pernikahan saja. Tapi doa tersebut berlaku untuk setiap keadaan yang menuntun kita pada banyak pilihan dan kemudian kita menyerahkan kepada Allah SWT agar dapat memberikan pilihan yang terbaik dan di ridhai-Nya bagi kita.

Wallahul’alam.

Abu Faguza Abdullah
Disarikan dari “Tuntunan Lengkap Pernikahan Disertai Tuntunan Nabi SAW dalam Masalah Seks oleh Abu Ishaq Al Huwaini Al Atsari dan ibnul Qayyim Al Jauziyyah”


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Awas ! Ini Tanda – Tanda Jin Menyukai Anda

SerambiMINANG.com -Jin merupakan mahluk Allah dan mereka juga hampir sama dengan kita walaupun berada di …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: