Beranda / Uncategorized / Tiga Fase Usia Manusia

Tiga Fase Usia Manusia

KASURAU – Seharusnya, setiap muslim dan muslimah, dalam 20 tahun pertama usianya telah mematangkan pemahaman dan pengamalan agamanya. Memiliki aqidah yg lurus, ibadah yang benar dan terbiasa dengan akhlak mulia. Dlm melaksanakan ibadah ritual hariannya dia sudah mandiri. Tidak terlalu tergantung dengan orang lain. Setidaknya dia sudah hafal 10juz Al Quran . Akan sangat mulia bila sudah hafizh 30 juz. Menguasai fiqh ibadah dan loyal kepada Allah, Islam dan Rasulullah. Mengerti bahwa dia hadir ke dunia ini bukan untuk dirinya sendiri.
Pada 20 tahun kedua, adalah masa untuk mendalami ilmu pengetahuan dan meluaskan wawasan. Menguasai teknologi dan mengikuti berbagai perkembangan zaman. Peka dengan masyarakat dan.lingkungannya. Membekali diri dengan keterampilan2 penting dalam kehidupan. Untuk kekuatan dirinya dan kemajuan agamanya. Sebaiknya menguasai minimal dua bahasa asing disamping bahasa daerah dan bahasa negara.
Pada 20 tahun ketiga adalah masa untuk mengabdi, bekerja, berkontribusi maksimal untuk agama, umat dan negaranya. Hati dan otaknya, jiwa dan raganya didedikasikan untuk kemenangan Islam.
Bila dalam fase-fase yang tiga tersebut terjadi akselerasi dan percepatan, tentu ini merupakan prestasi dan kemulian. Sebaliknya bila terjadi keterlambatan atau kekurangan dalam memenuhi kompetensi setiap fase, maka tidak ada kata terlambat untuk menjemput dan menuntaskannya, selama Allah masih memberikan kesempatan hidup dan nikmat nyawa tuk berkerja.
“Katakanlah: Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam…”
Irsyad Syafar, Lc, M.Ed

Baca :   Bisik (an) yang Busuk

Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Inilah 6 Jenis Haji Selain Haji Mambrur Yang Banyak Terjadi Dilapangan

Rasulullah saw bersabda: العمرة إلى العمرة كفارة ما بينهما، والحج المبرور ليس له جزاء إلا …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: