Beranda / Uncategorized / Mahasiswa STAIN Sjech M Djami Djambek Bukittingi Juarai Kompetisi Bahasa Arab Internasional

Mahasiswa STAIN Sjech M Djami Djambek Bukittingi Juarai Kompetisi Bahasa Arab Internasional

KaSURAU -Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sjech M. Djamil Djambek, Bukittinggi, menunjukkan prestasi membanggakan di level internasional. Kontingen sekolah tinggi itu juara pertama pada kompetisi kemampuan bahasa Arab tingkat internasioanal di Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, 4-6 Oktober tahun ini.FOTO BERSAMA

Pada kompetisi yang diikuti 36 perguruan tinggi dan didukung oleh Pemerintah Arab Saudi dan Ikatan Pengajar Bahasa Arab se-Indonesia itu, STAIN Bukittinggi melalui mahasiswanya Annisa R yang duduk di semester V pada program studi Pendidikan Bahasa Arab berhasil meraih juara 1 untuk cabang syair berbahasa Arab. Bahkan, STAIN Bukittinggi menempati urutan ke 7 dari 36 perguruan tinggi yang ikut.

Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan STAIN Bukittinggi, Nuraisyah, M.Ag, didampingi dosen pembina Rita Febrianta, M.A., menjelaskan, keluarga besar STAIN Bukittinggi bersyukur dan bangga atas prestasi yang diraih mahasiswanya itu. Membaca syair bahasa Arab dengan penghayatan makna dan penyampaian yang mirip dengan penutur asli bukan perkara mudah.

“Alhamdulillah dan seiring latihan intensif, mahasiswa kita dapat mencapainya,” ujarnya.
Selain syair, cabang lain yang diikuti STAIN Bukittinggi adalah debat dan teater. Cabang debat diikuti oleh Abdurrahman dan Nurani Taslim. Untuk cabang teater yang meraih harapan 1, STAIN Bukittinggi mengutus Rudini, Sulaiman, Dewi Sartika dan Eka Putra.

STAIN Bukittinggi terus meningkatkan kualitas kemampuan bahasa Arab mahasiswa tak hanya melalui aktivitas perkuliahan tapi juga melalui aktivitas di luar kampus. Ketua program studi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Bukittinggi, Dr. Arman Husni mengemukakan, seluruh mahasiswanya menjadi peserta dan aktif dalam wadah Ikatan Mahasiswa Studi Arab se-Indonesia. Melalui organisasi ini, para mahasiswa memiliki kesempatan untuk pengembangan diri dengan beragam aktivitas yang bermuara untuk mengasah kemampuan bahasa Arab.

Baca :   Ini Kata Oki Setiana Dewi Tantang Fenomena Jilboobs

“STAIN Bukittinggi juga memiliki 6 gedung asrama yang berfungsi sebagai pesantren perguruan tinggi. Pesantren ini menjadi tempat pembinaan keislaman dan kemampuan bahasa asing mahasiswa,” ujarnya.

Selain bahasa Arab, mahasiswa STAIN Bukittinggi juga unjuk prestasi di forum internasional dalam bidang bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan dengan penampilan empat orang mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris sebagai pemakalah pada Seminar Internasional Bahasa dan Seni atau International Seminar on Language and Art (ISLA) 2014 yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Padang, Oktober lalu.

Keempat mahasiswa itu adalah Iradatul Hasanah, Yolanda, Nursyahrifa, dan Fatimah. Makalah yang ditampilkan para mahasiswa itu adalah hasil penelitian mereka di bawah bimbingan dosen program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Hayati Syafri.

Program studi Pendidikan Bahasa Inggris STAIN Bukittinggi yang telah terakredetasi pada tahun ini memiliki kegiatan khusus yang disebut EDP (English Day Programe atau program hari berbahasa Inggris).

Melalui program ini para mahasiswa dilatih untuk piawai dalam berdebat dan mempresentasikan makalah di forum ilmiah.

(hariansinggalang)


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Aksi Rakyat Palestina Selama Ramadhan

serambiMINANG.com – Infopalestina: Bulan Ramadhan adalah Bulan Barokah, begitulah orang umat Islam  menyebutnya. Mereka bergembira …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: