Beranda / Belajar Islam / Benarkah Rasulullah Tidak Menyukai Pekerjaan Bertani?

Benarkah Rasulullah Tidak Menyukai Pekerjaan Bertani?

KaSURAU – Suatu ketika Abu Umamah Al Bahili melihat ada alat bertani (alat tanam), lalu beliau berujar: saya pernah mendengar Rasulullah saw berkata “tidak masuk alat tanam ini ke rumah seseorang, kecuali Allah hinakan penghuninya” (HR.Bukhari).

Hadits ini membawa pesan bahwa Rasulullah tidak menyukai profesi bertani, bahkan orang-orang barat (orientalis) mengolok-olok Islam lewat hadits ini karena merendahkan profesi petani. Tapi apa betul demikian?

Kita temukan bukti bahwa sahabat Rasulullah, kaum Anshar, adalah para petani dan Rasulullah tidak pernah minta mereka berhenti bertani. Banyak Hadits-hadits yang penuh dengan perihal bercocok tanam. Fiqih Islam merinci hukum penggarapan lahan pertanian, pengairan, membuka lahan baru, dan hak-hak yang berkaitan dengannya.

Bahkan hadits berikut ini mendorong menanam tanaman di saat paling mustahil: “andai kiamat datang dan ditangan seseorang ada benih, jika masih sempat… tanamlah”(HR.Ahmad). Apa ada pesan yang lebih kuat dari hadits ini bahwa Rasulullah tidak benci bercocok tanam?

Baca :   Katakan Tidak Pada Perayaan Hallowen (Bagian 1)

Sebenarnya… yang disampaikan Rasulullah adalah jangan sampai kegiatan bertani membuat seorang muslim malas berjuang saat harus perang (jihad), dan kalau itu yang terjadi maka akibatnya akan mudah dikalahkan musuh lalu hina dan ditindas.

Hal yang sama, jangan karena asyik dengan pekerjaan “cari duit” akhirnya kita tidak punya waktu untuk masyarakat, diminta bantuan tenaga tidak mau, bantuan harta juga enggan, akibatnya kita dikucilkan masyarakat. Dan itu kenyataan yang terjadi pada sebagian orang hari ini.

Jadi, memahami hadits tidak bisa dengan membaca satu hadits saja, harus dibandingkan dengan hadits lain yang sejenis untuk pemahaman yang lengkap dan berimbang.

Firman Bahar, Lc. MA.


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Apa Benar Makanan Kesukaan Rasulullah Labu?

seambiMINANG.com – Labu saat ini sedang musim berbuah, aroma harumnya dapat tercium oleh siapapun yang …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: