Beranda / Surau / Dakwah / Berikut Adalah Tiga Mata Yang Diharamkan Allah SWT dari Api Neraka

Berikut Adalah Tiga Mata Yang Diharamkan Allah SWT dari Api Neraka

Berikut Adalah Tiga Mata Yang Diharamkan Allah SWT dari Api Neraka

SerambiMINANG.com – Setiap menusia pasti tidak menginginkan masuk ke dalam nerakanya Allah SWT. Siksaan yang begitu pedih dan kehidupan yang penuh dengan kesengsaraan ketika telah terjerumus ke dalamnya segagaimana Allah SWT menggambarkannya di dalam Al Quran dan hadist-hadist Rasulullah SAW.

Untuk dapat menghindarkan diri dari neraka Allah SWt penting bagi kita untuk melakukan perenungan,untuk apa saja umur yang diberikan Allah SWT kita gunakan? Mata kita gunakan untuk apa, tangan kita digunakan untuk perbuatan apa, kaki kita kita gunakan untuk melangkah kemana? Semua hal tersebut patut untuk kemudian menjadi perenungan bersama.

Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW mengatakan ada 3 mata yang akan Allah SWT haramkan untuk masuk ke dalam neraka;

Hakim dari Bapaknya dari Kakeknya, dia berkata, “Rasulullah Shallallahu’alaihi wassalam bersabda: ‘Tiga mata yang tidak akan melihat api neraka pada hari Kiamat, Mata yang menangis karena takut kepada Allah, dan mata yang begadang semalam suntuk berjaga-jaga di jalan Allah dan mata yang berpaling dari melihat apa-apa yang diharamkan oleh Allah.”  (HR. at-Thabrani)

Dari hadist ini kita dapat menjabarkan bahwa tiga mata yang diharamkan dari nerakanya Allah swt adalah

1. Mata yang menangis karena takut kepada Allah SWT
2. Mata yang bergadang semalam suntuk berjaga-jaga di jalan Allah SWT
3. Mata yang berpaling dari apa-apa yang diharamkan oleh Allah SWT

Baca :   Manakah Yang Lebih Utama Mendahulukan Tangan Atau Lutut Ketika Hendak Sujud

Dari tiga hal, maka dapat kita renungkan bersama bagaimana cara untuk dapat mensyukuri mata yang telah diberikan oleh Allah SWT dan kemudian menjadi pertanyaan bagi kita, sudah kita gunakan untuk apa saja mata yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita selama ini.

Dengan memahami hadist ini, maka secara otomatis kita juga telah melindungi anggota tubuh kita lainnya dari aza nerakanya Allah SWT. Ketika mata kita hanya menangis dalam ketakutan kepada Allah SWT maka pada saat itu pula anggota tubuh kita lainnya akan melaksanakan ibadah kepada Allah SWT dan mengerjakan amal-amal yang menjauhkan tubuh kita dari nerakanya ALlah SWT.

Mata yang digunakan untuk begadang semalam suntuk, berjaga-jaga di jalan Allah swt, dengan sendiri akan membawa anggota tubuh lainnya untuk saling memngingatkan saling siap siaga, bahwa malam ini hanyalah untuk ALlah SWT.

Begitupula mata yang berpaling dari apa-apa yang diharamkan oleh Allah SWt, maka akan secara otomatis anggota tubuh lainnya akan menolak pada hal demikian dengan kaki akan melangkah menjauh dari hal yang merusak iman kepada Allah SWT.

Semoga menjadi bahan perenungan kita bersama, untuk apakah mata kita selama ini kita gunakan.

Wallahualam


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: