Beranda / Berita / Innalillahi, Ditolak Pemerintah Malaysia Kapal Pengungsi Rohingya Dengan 350 Penumpang Hilang

Innalillahi, Ditolak Pemerintah Malaysia Kapal Pengungsi Rohingya Dengan 350 Penumpang Hilang

Innalillahi, Ditolak Pemerintah Malaysia Kapal Pengungsi Rohingya Dengan 350 Penumpang Hilang

SerambiMINANG.com – Kapal kayu yang membawa 350 Muslim Rohingya terdiri dari pria, wanita, dan anak-anak, menghilang di perairan antara Thailand, Malaysia, dan Indonesia, setelah 60 jam tanpa kontak.Kapal terlihat mengapung di Laut Andaman, setelah dtolak merapat ke pantai oleh pemerintah Malaysia. Kapten kapal dan kru meninggalkan Muslim Rohingya tanpa makanan dan air bersih.

Pemerintah Thailand mengatakan mesin kapal sempat mengalami perbaikan. AL Thailand memberikan makanan, air bersih, dan obat-obatan, sebelum menarik kepal itu ke tengah laut, dan mengarahkannya berlayar ke Aceh.

Namun, 60 jam sejak kapal itu ditarik ke laut, tidak ada kontak lagi.

“Kapal itu lenyap. Ini benar-benar mengkhawatirkan,” ujar Chris Lewa dari Arakan Project — kelompok pembela hak-hak Muslim Rohingya, kepada IB Times.

Kapal itu, masih menurut Lewa, tidak pernah sampai ke Aceh. Makanan yang diberikan kepada pengungsi juga hanya cukup untuk dua atau tiga hari.

Baca :   Bukti Masuknya Ajaran Agama Islam ke-Bali Pada Abad ke -17

Pemerintah Thailand berkeras pengungsi dalam perjalanan ke Malaysia. Jadi, otoritas Thailand akan selalu menarik kapal kembali ke laut, setelah memberikan makanan, air bersih, dan obat-obata.

Persoalan menjadi pelik ketika Malaysia juga menolak, dan otoritas Indonesia melakukan tindakan serupa.

Otoritas lokal Thailand mengatakan, menurut Jeff Lobovitz dari Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), menawarkan kesempatan mendarat kepada pengungsi, serta menyediakan makanan.

Namun, Lewa punya cerita berbeda. Menteri Pertahanan Thailand, kata Lewa, tidak pernah mengeluarkan perintah mendarat untuk perahu perahu pengungsi. Kapal-kapal pengungsi diintimidasi oleh AL Thailand, agar menjauh dari pantai atau ditenggelamkan.

sumber: inilah


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Menanggapi Tulisan Berjudul Warisan (Afi Nihaya Faradisa). Andri : Ini hanya paranoid belaka!

Tulisan yang berjudul “warisan” yang ditulis oleh Afi Nihaya Faradisa di akun facebooknya menuai pro …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: