Beranda / Uncategorized / Mau Kuliah Tanpa Tes? Cukup Hafal Al Quran Bisa Kuliah di Universitas Andalas

Mau Kuliah Tanpa Tes? Cukup Hafal Al Quran Bisa Kuliah di Universitas Andalas

Mau Kuliah Tanpa Tes? Cukup Hafal Al Quran Bisa Kuliah di Universitas Andalas

SerambiMINANG.com – Salah satu hal merisaukan seluruh warga Unand adalah lunturnya karakter yang baik dari sebagian mahasiswa Unand. Hal ini dapat dilihat dari sikap dan perilaku yang ditunjukkan oleh sebagian mahasiswa Unand, di antaranya adalah kurang peduli dengan sesama, kurang santun terhadap orang yang lebih tua, dan sebagainya.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pimpinan Unand, di antaranya dengan mengadakan berbagai aktivitas yang dapat meningkatkan karakter baik dari mahasiswa Unand. Pimpinan Unand selalu mengajak kepada seluruh warga kampus untuk lebih mendekatkan diri ke Masjid dan membaca Al-Qur’an. Apabila warga Unand, khususnya mahasiswa, telah dapat menghidupkan suasana Qur’ani di lingkungan kampus maka karakter warga juga akan meningkat.

Rektor Unand, Prof. Dr. Werry Darta Taifur, SE., MA., sangat menyadari hal tersebut. Mulai tahun 2014 yang lalu, Unand mulai menerima secara khusus siswa yang hafal Al-Qur’an (Hafidz) minimal 5 juz. Rektor yakin, calon mahasiswa yang dapat menghafal Al-Qur’an lebih dari 5 juz adalah calon mahasiswa yang pintar dan mempunyai karakter baik. Diharapkan hal ini akan dapat memberikan efek domino kepada mahasiswa lain, sehingga suasan Qur’ani lebih terasa di lingkungan kampus Unand.

Pada tahun 2015 ini, Rektor kembali menunjukkan komitmen kuat untuk menerima calon mahasiswa yang hafidz minimal 5 juz melalui jalur SNMPTN. Sebanyak 19 calon mahasiswa yang hafidz minimal 5 juz telah diterima, dari 2.379 calon yang diterima melalui SNMPTN 2015, di 11 prodi. Calon mahasiswa yang hafidz 5 juz sebanyak 3 orang, hafidz 5,5 juz sebanyak 1 orang, hafidz 6 juz sebanyak 1 orang, hafidz 6,5 juz sebanyak 8 orang, hafidz 8 juz sebanyak 1 orang, hafidz 10 juz sebanyak 4 orang, dan yang membanggakan ada calon mahasiswa hafidz 30 juz sebanyak 1 orang. Mereka berasal dari SMA di Bekasi 1 orang, SMA di Kuningan 1 orang, SMA di Medan 1 orang, SMA di Padang Panjang 4 orang, dan SMA di Padang 12 orang.

Komitmen Rektor yang kuat ini juga ditunjukkan dengan mengadakan tes khusus bagi calon mahasiswa yang menyatakan hafidz minimal 5 juz. Seleksi dilakukan oleh Tim yang terdiri dari 3 orang, diketuai oleh Dr. Syar’i bin Sumin. Warga Unand tentu sudah mengetahui bagaimana reputasi internasional dari Ketua Tim Seleksi tersebut. Tes diadakan pada tanggal 22 April 2015. Materi tes meliputi keindahan bacaan, kefasihan bacaan, dan tentu saja ketepatan hafalan. Berdasarkan hasil tes maka 2 orang dianggap tidak memenuhi persyaratan hafidz minimal 5 juz.

Baca :   Gubernur Sumbar: Kegiatan Megathrust DiRex Bukan Karena Mau Ada Tsunami

Berdasarkan nilai raport mereka, para penghafal Al-Qur’an ini memiliki nilai rata-rata di atas 83. Nilai rata-rata Ujian Nasional mereka di atas 50. Skor dari indeks kecurangan mereka rata-rata di bawah 30, yang berarti tidak ditemukan indikasi kecurangan. (Mulai tahun 2015 ini Kemdikbud merilis skor indeks kecurangan yang mengindikasikan apakah ditemukan indikasi kecurangan atau tidak. Skor indeks di bawah 30 berarti tidak ada indikasi kecurangan, skor antara 31 – 70 berarti ada indikasi kecurangan, dan skor di atas 70 berarti ada indikasi kuat terjadi kecurangan).

Rektor sangat berharap kepada calon mahasiswa yang hafidz Al-Qur’an ini. Mereka diharapkan dapat menjadi lokomotif dalam meningkatkan suasana Qur’ani di lingkungan kampus. Mereka diwajibkan dapat mengajak kawan-kawan nya agar mau dan mampu mempelajari dan mendalami Al-Qur’an di saat sibuk dengan perkuliahan. Tujuan yang lebih besar lagi adalah agar mereka dapat membawa nama Unand di pentas nasional. Yang lebih penting lagi, Rektor berpesan agar para hafidz ini dapat terus menjaga dan meningkatkan hafalan mereka. Jangan sampai akibat beban kuliah maka hafalan mereka menjadi berkurang.

Rektor juga berharap agar komitmen ini dapat terus berlanjut di masa yang akan datang. Mudah-mudahan dengan semakin banyak mahasiswa Unand hafidz Al-Qur’an maka Karakter Andalasian akan semakin mewarnai Kehidupan Kampus Unand.

sumber: unand


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Aksi Rakyat Palestina Selama Ramadhan

serambiMINANG.com – Infopalestina: Bulan Ramadhan adalah Bulan Barokah, begitulah orang umat Islam  menyebutnya. Mereka bergembira …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: