Beranda / Uncategorized / Pengadilan Mesir Dikecam Dunia Setelah Jatuhi Hukuman Mati Untuk Presiden Sah Hasil Demokrasi, Mohammad Mursi

Pengadilan Mesir Dikecam Dunia Setelah Jatuhi Hukuman Mati Untuk Presiden Sah Hasil Demokrasi, Mohammad Mursi

Pengadilan Mesir Dikecam Dunia Setelah Jatuhi Hukuman Mati Untuk Presiden Sah Hasil Demokrasi, Mohammad Mursi

SerambiMINANG.com – Berbagai lembaga dan negara mengutuk keputusan pengadilan Mesir yang menjatuhkan hukuman mati bagi bekas presiden Mohammad Morsi yang digulingkan militer.

Pengadilan menghukum mati Morsi dan lebih dari 100 orang lain untuk kasus terkait bobolnya penjara tahun 2011. Sebelumnya, Morsi juga sudah dijatuhi hukuman penjara dalam kasus terpisah, untuk dakwaan penangkapan dan penyiksaan pengunjuk rasa semasa ia berkuasa.

Betapa pun, eksekusi atas hukuman mati itu masih harus menunggu fatwa lanjutan dari otoritas keagamaan Mesir.

Lembaga pemantau HAM Amnesty International mengutuk vonis tersebut. “Hukuman mati telah menjadi alat kegemaran pemerintah Mesir untuk membersihkan oposisi politik,” demikian pernyataan Amnesty.

Pemerintah Amerika Serikat, melalui kementerian luar negerinya juga menyatakan kecamannya.

“Kami secara konsisten menentang pengadilan dan hukuman massal, yang diselenggarakan dengan cara yang tidak sesuai dengan kewajiban internasional Mesir dan terib hukum,” demikian pernyataan Kemenlu AS seperti dilaporkan Reuters.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menuding, langkah itu mengisyaratkan bahwa itu merupakan langkah mundur demokrasi, dan bahwa pemerintah el-Sissi telah kembali ke “era lama Mesir.” Erdogan juga mengecam Barat yang dinilainya bungkam terhadap hukuman mati seperti itu.

Baca :   Gubernur Sumbar Buka Festival Langkisau di Pesisir Selatan

Selain Morsi, yang dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan meliputi 105 orang, termasuk Mohammed Badie, pemimpin spiritual Ihwanul Muslimin yang sudah dijatuhi hukuman mati sebelumnya, dan lebih dari 70 di warga Palestina

Di Gaza, juru bicara Hamas Sami Abu Zuhri mengatakan, hukuman mati atas orang-orang yang juga ada yang berasal dari Palestina itu ‘mengguncangkan,” dan “disesalkan.” Menurutnya, “sebagian dari terpidana itu bahkan sudah mati sebelum revolusi Mesir dan sebagian sedang menjalani hukuma penajra di Israel”.

Namun ia tak mengatakan apa-apa terkait hukuman mati bagi Morsi.

Mohammad Morsi digulingkan dari kursi presiden bulan Juli 2013, menyusul unjuk rasa besar-besaran yang menentangnya dari waktu ke waktu.

sumber: kompas


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Aksi Rakyat Palestina Selama Ramadhan

serambiMINANG.com – Infopalestina: Bulan Ramadhan adalah Bulan Barokah, begitulah orang umat Islam  menyebutnya. Mereka bergembira …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: