Beranda / Wawasan Islam / Sudah Seriuskah Kita Berdoa dan Memohon Kepada Allah SWT

Sudah Seriuskah Kita Berdoa dan Memohon Kepada Allah SWT

Sudah Seriuskah Kita Berdoa dan Memohon Kepada Allah SWT

SerambiMINANG.com – Seringkali kita merasa Allah SWT tidak pernah mengabulkan doa-doa yang telah kita panjatkan. Sayangnya banyak pula yang salah pula memahami Allah SWT ketika justru doanya tidak segera dikabulkan oleh Allah SWT, justru dengan semakin menjauhi Allah SWT bukan justru semakin mendekatinya. Padahal Allah SWT juga telah mengingatkan bahwa barangjadi belum dikabulkan Allah SWT karena hal itu buruk menurut Allah SWT, dan siapatau juga Allah SWT tidak mengabulkan karena memang itulah yang terbaik bagi kita.

Salah satu sebab lamanya doa kita dikabulkan oleh Allah SWT mungkin karena kurang seriusnya kita dalam berdoa dan bermunajah kepada Allah swt. Keseriusan dalam hal ini tentunya sangatlah penting, karena Allah swt hanya akan mengabulkan orang-orang yang dekat dengan diri-Nya, sementara ukuran dari keseriusan dalam doa kita adalah membuktikan bahwa kita sungguh sangat dekat dengan Allah SWT.

Dalam sebuah hadist yang disampaikan oleh Ibnu Mas’ud mengatakan bahwa “Jika Rasulullah saw berdoa biasanya beliau mengulang-ulang hingga tiga kali, dan apabila beliau memohon, maka beliau memohon hingga tiga kali.” (HR. Abu Daud).

Dalam hadist ini jelas bahwa Rasulullah SAW saja ketika beroa dan memohon kepada Allah SWT mengulang-ngulangnya sampai dengan tiga kali. Jelaslah bahwa ini adalah bukti dalam keseriusan dan kesungguhan dalam berdoa dan meminta kepada Allah swt. Kemudian maksud sampai melakukan pengulangan sampai tigakali  oleh Rasulullah SAW adalah bukan berarti setelah tiga kali kalau tiak dikabulkan lalu selesai, tapi lakukankanlah berupa doa dan permintaan kepada Allah SWT secara terus menerus hingga kemudian Allah SWT akan menjawabnya.

Baca :   Tercelanya Orang-Orang Yang Melakukan Plagiat Terhadap Ayat-Ayat Allah SWT

Jadi, kita harus mengukur kembali bagaimana keseriusan kita dalam berdoa kepada Allah SWT dan tentunya juga memerlukan perenungan yang mendalam bahwa doa ini tidak akan ditanggapi oleh Allah SWT sementara kita jauh dari-Nya. Berdoa dalam mencari rezeki, dibukakan pintu jodoh, diberikan anak, dan lain sebagainya, harus disadari mulai saat ini tak cukup hanya meminta satu atau dua kali saja pada Allah SWT jika ingin segera diberikan jawaban. Tapi berdoalah dengan serius dan khusu’ kepada Allah SWT, insyaAllah nantinya akan diberikan apa yang terbaik dari doa dan permohonan kita kepada Allah swt.

Abu Faguza Abdullah


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Inilah Manfaat Makan Perlahan Dengan Diawali Doa

serambiMINANG.com – Di zaman cepat seperti ini, kita sering lupa berdoa bahkan ketika akan makan. …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: