Beranda / Enterpreuner / Kalau ke Padang, Jangan Lupa Beli Pulsa di Malala Cellular

Kalau ke Padang, Jangan Lupa Beli Pulsa di Malala Cellular

malala-cellular-kota-padang-2
Foto: Ian Piliang

serambiMINANG.com – Banyak orang yang meremehkan profesinya, bahkan tidak sedikit yang memandang sebelah mata jika mendengar ternyata dia adalah seorang sarjana. Hanya sedikit yang mau menekuni profesi seperti beliau ini, mungkin karena gengsi, menjadi penjaja pulsa keliling, naik sepeda, berpanas-panasan, dan dianggap tidak membawa banyak keuntungan.

Kalau ke Padang, Jangan Lupa Beli Pulsa di Malala Cellular

Uda Hendrizal, berusia 31 tahun, lulusan Diploma III, jurusan Informatika, Owner dari Malala Cellular. Karena mahir berbahasa Inggris uda Hendrizal pernah menjadi pemandu wisata bagi turis-turis asing yang ingin berkeliling Sumbar, tapi bukan hanya itu. Menjadi tenaga pengajar Bahasa Inggris di sekolah Internasional-pun telah dijalaninya sambil membuka beberapa les private bahasa Inggris. Namun kini uda Hendrizal memilih untuk menjadi penjaja pulsa keliling dengan brand Malala Cellular.

Pilihan yang dilakukan oleh uda Hendrizal menurut sebagian orang memang adalah pilihanyang sulit. Tapi tidak bagi Uda Hendrizal. Justru ini adalah pilihan yang menyenangkan dan sesuai dengan jati dirinya sebagai seorang enterpreuner.

“Ternyata saya tidak bisa membohongi diri sendiri. Jiwa dagang saya rupanya lebih besar dari jiwa bekerja sebagai karyawan ataupun sebagai pengajar. Karena itulah saya memutuskan pilihan menjual pulsa keliling, saya merasa nyaman dengan pilihan ini. Meskipun berjualan dengan sepeda, namun selain mudah menyelip ke mana-mana, de­ngan sepeda kesehatan turut terjaga,” ucap Hendri mem­buka pembicaraan sambil me­mancing tawa sebagaimana kutip serambiminang.com dari harianhaluan.com.

Kalau ke Padang, Jangan Lupa Beli Pulsa di Malala Cellular

Sebelum memilih menjadi penjual pulsa keliling seperti saat ini, Uda Hendrizal juga pernah berjualan keripik dan pulsa di Pasar Raya Padang. Namun akhirnya Uda Hendrizal menetapkan hati pada usaha yang hari ini dijalaninya dengan berkeliling, tidak hanya menjajakan pulsa tapi juga token listrik PLN.

Ketika bagi sebagian orag menjual pulsa keliling adalah pekerjaan yang menguras gengsi dan keringat, tapi lain dengan Uda Hendrizal yang justru mendapatkan penghasilan yang cukup besar dari kegiatannya tersebut. Mulai 6-7juta perbulan bisa didapatkan oleh Uda Hendrizal dengan berjualan pulsa dan token listrik PLN berkeliling. Dengan kondisi inipula Uda Hendrizal berhasil menamatkan pendidikan adik-adiknya hingga kemudian sampai menikah.

“Adik-adik saya sudah tamat pendidikan dan sudah pada menikah. Saya sendiri mudah-mudahan tahun ini menikah dengan calon pilihan sen­diri,” ucapnya sumringah.

Kalau ke Padang, Jangan Lupa Beli Pulsa di Malala Cellular

Malala Cellular, Jual Pulsa Keliling Dunia, itulah tagline jualan yang digunakan oleh Uda Hendrizal dalam berjualan. Pelanggannya beragam, tidak hanya pelanggan dalam negeri, bahkan juga ada pelanggan yang berasal dari luar negeri karena kemahirannya berbahasa Inggris.

“Saya bukan menjual pulsa ece­ran saja. Ada pulsa token listrik dan juga mengisi saldo pedagang pulsa di beberapa konter. Untuk token puls­a, pelanggan terdiri dari bebe­rapa toko, kantor dan kafé di Kota Padang, yang rata-rata pengeluaran listriknya berjumlah jutaan dalam sebulan. Saya berjualan dengan berkeliling saja, sesuai dengan nama Malala Celluler yang saya gunakan. Tagline saya, Jual Pulsa Keliling Dunia. Sedangkan pelanggan berasal dari kalangan pedagang di Pasar Raya, masyarakat, bule dan lain-lain. Pelanggan ada yang tinggal di Pa­dang, Pariaman, Mentawai bahkan ada bule yang bolak-balik Padang-Singapura,” tuturnya bangga.

Baca :   Terlalu Cepat Menyimpulkan

Uda Hendrizal kemudian bertutur kenapa kemudian memilih menjalani usaha ini. Ternyata baginya, kalau ingin bekerja haruslah berada pada posisi yang nyaman ketika menjalaninya. Sedangkan keuntunga, akan datang dengan sendirinya asalkan mau serius dan mau berusaha serta tidak mudah berputus asa.

“Saya berpandangan, dimana kita nyaman sebaiknya di situlah kita fokus bekerja. Saya merasa nyaman berdagang seperti ini, karena itulah saya bertahan dan bisa berkembang. Untuk keuntungan, asalkan tekun dan mau berusaha maka keuntungan akan datang dengan sendirinya,” tambahnya lagi.

malala-cellular-kota-padang
Foto: Ian Piliang

Kalau ke Padang, Jangan Lupa Beli Pulsa di Malala Cellular

Uda Hendri juga bercerita tentang manis pahit berjualan pulsa keliling. Dia mengeluhkan beberapa pelanggannya yang malas untuk membayar hutang, walaupun uangnya ada. Namun demikian uda Hendri banyak belajar dari demikian hingga kumudian bisa bertahan hingga saat ini dan bisa sukses menjadi seorang wirausaha.

“Sudah biasa kita temukan dalam masyarakat. Uang ada, tapi mem­bayar utang itu yang malas. Saya banyak belajar dari pengalaman dengan pe­lang­gan. Bagi mereka yang sering tak tepat janji membayar utang pulsa, atau kerap mengundur pem­bayaran, saya akan memutuskan langganan secara sepihak. Sejak pertama kali berjualan pulsa, tak kurang dari Rp30 juta utang pelang­gan yang tak tahu ujung pang­kalnya. Tapi saya yakin, Tuhan sudah menga­tur rezeki kita asal mau ber­usaha. Buktinya usaha saya masih laris manis, rencananya akan saya kem­bangkan dengan menawarkan lang­ga­nan token pulsa di hotel-hotel be­sar,” ujarnya.

Apa yang dilakukan oleh Uda Hendri adalah sebuah pelajaran yang tidak ternilai bagi yang ingin menjadi seorang enterpreuner atau wirausahawan. Walikota Bandung, Ridwan Kamil pernah mengatakan bahwa “Pekerjaan terbaik adalah hobi yang dibayar” dan hal inilah kemudian yang di laksanakan oleh CEO Malala Cellular, Uda Hendri.

Memulai usaha memang tidaklah mudah dan instan. Semua butuh proses dari bawah dan perjuangan yang berdarah-darah, dan Uda Hendrizal telah membuktikannya dengan meninggalkan pekerjaannya yang boleh dikatakan mapan bagi sebagian orang saat ini. Namun justru sebaliknya, Uda Hendri justru adalah orang mapan dibanding orang-orang yang memandangnya sinis hari ini.

Kalau jalan-jalan ke Kota Padang, jangan lupa beli pulsa di Malala Cellular. Cuma uda Hendrizal tidak akan mudah dijumpai. Karena uda Hendri akan berjualan pulsa dan token listrik PLN keliling dunia sesuai dengan taglinenya.


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: