Beranda / Serba Serbi / Agar Otak Tetap Optimal

Agar Otak Tetap Optimal

Gambaran otak yang optimal
Gambaran otak yang optimal

serambiMINANG.com – Otak merupakan organ yang sangat penting. Karena itu perlu ada upaya untuk tetap menjaganya agar terus berfungsi secara optimal. Agar otak tetap optimal sama halnya dengan menghindari kepikunan. Itu hanya bisa dilakukan pada saat usia masih tergolong muda. Semakin muda semakin baik.

Berikut bebarapa upaya yang dapat dilakuakan Agar otak tetap optimal:

1.   Menjaga Pola Makan

Penelitian pada 2009 menemukan bahwa orang yang menjalani diet Mediterania selama lima tahun berhasil menurunkan risiko terkena demensia atau pikun. Dan mereka yang telah terserang demensia berhasil meminimalkan risiko peningkatan penyakit itu.
Banyak sekali makanan yang baik untuk nutrisi otak, diantaranya: Minyak ikan,  Cabai, Biji labu, Tomat, Brokoli, kacang, kakao, Blueberry, Biji rami dan lain-lain. Tentunya semua itu tidak dikonsumsi secara berlebihan.

2.    Olahraga

Latihan fisik dapar memperlambat penyusutan otak dan menstimulus pertumbuhan neuron (sel otak). Penelitian Mengunkapkan bahwa kita bahkan bisa memprediksi volume otak manusia satu dekade kemudian berdasarkan tingkat aktivitas fisik yang dilakukan. Para ilmuwan merekomendasikan aerobik, jalan cepat dan bersepeda selama minimal tiga kali seminggu dengan durasi 30-60 menit untuk mengoptimalkan kesehatan otak.

Baca :   Awas Al Qur'an Salah Cetak Beredar, Periksa Al Qur'an Anda

3.    Melakukan Latihan otak

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk melatih Kekuatan otak, seperti bermain teka-taki silang, bermain game, Senam otak, membaca, menulis, dan lain-lain.

4.    Tidur yang cukup

Dari berbagai penelitian diungkapkan bahwa tidur yang baik dan sehat adalah tidur yang cukup, yaitu sekitar 7 jam sehari. Bila merasa sulit tidur, lakukanlah kegiatan-kegiatan yang sealamiah mungkin, seperti mandi air hangat, meminum secangkir cokelat hangat, atau membaca bacaan-bacaan ringan dapat merilekskan otot-otot tubuh anda sehingga lebih mudah untuk tertidur.

Itulah 4 tips agar otak tetap optimal dan tentu agar fungsinya dapat berjalan normal dan menjauhkan kita dari penyakit kepikunan,(Irwan J)

Lihat Juga

Tentang Zamzami

Hanya orang biasa, yang senang dengan teknologi

Lihat Juga

Inilah 4 Hal Yang Harus Dijauhi Agar Otak Menjadi Sehat

serambiMINANG.com – New Delhi – Manusia harus berhati – hati dan menjaga otak. Ini adalah …

Tinggalkan Balasan

Agar Otak Tetap Optimal - Serambi Minang