Beranda / Berita / Arnold Soetrisnanto,Ketua Umum KMNI: Kita Itu Sebenarnya Sudah Siap Bangun PLTN Sejak Tahun 1980-an

Arnold Soetrisnanto,Ketua Umum KMNI: Kita Itu Sebenarnya Sudah Siap Bangun PLTN Sejak Tahun 1980-an

Arnold-Soetrisnanto,Ketua-Umum-KMNI-Kita-Itu-Sebenarnya-Sudah-Siap-Bangun-PLTN-Sejak-Tahun-1980-anserambiMINANG- Kebutuhan listrik masyarakat Indonesia terus meningkat, bahkan bila target proyek 35.000 megawatt (MW) dalam 5 tahun tidak tercapai, Indonesia bakal terancam krisis listrik nasional.

Melihat kondisi tersebut, pemerintah sampai saat ini belum ada langkah untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), yang terbukti efisien dan tidak menimbulkan emisi. Apalagi, persiapan ahli nuklir, penelitian dan SDM sudah disiapkan sudah sangat lama.

“Kita itu sebenarnya sudah siap bangun PLTN sejak tahun 1980-an. Tunggu apa lagi. PLTN itu zero emisi,” kata Ketua Umum Komunitas Masyarakat Nuklir Indonesia, Arnold Soetrisnanto ditemui di sela acara Indo EBTKE ConEx 2015 di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (20/8/2015).

Arnold mengatakan, dalam periode 10 tahun ke depan, Indonesia membutuhkan tambahan listrik sebanyak 70.000 MW. Sementara pemerintah baru menargetkan pembangunan 35.000 MW dalam 5 tahun.

Baca :   Said Aqil: Sampai Sekarang Malaikat Mungkar Nakir belum Bisa Tanyai Gusdur

“Artinya 5 tahun periode kedua kita harus kerja keras lagi nambah 35.000 MW. Dan saya yakin suka tidak suka, pemerintah akan melirik nuklir,” ujarnya.

Ia mengakui, sebagian masyarakat di Indonesia masih takut dengan nuklir karena tergambar dalam pikirannya, bahwa nuklir itu Chernobyl di Ukraina 1986, atau nuklir yang jadi senjata pemusnah massal.

“Itu karena banyak yang tak paham, nuklir itu manfaatnya besar bagi manusia, nuklir itu tidak hanya senjata, nuklir itu bisa buat benih tanaman produksinya meningkat dan tahan hama, bisa digunakan untuk pengawet makanan, sampai listrik,” tutupnya.(detik)


Tentang han

Sedang BELAJAR.... dan terus BELAJAR

Lihat Juga

Ini Langkah Yang Dilakukan PLN Untuk Mencegah Pencurian Listrik

serambiMINANG.com – Pencurian listrik masih marak di Jakarta. Salah satu modusnya adalah dengan membuat sambungan …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: