Beranda / Berita / Bank Syariah Aman Dari Dampak Terpuruknya Rupiah, OJK: Karena Sistemnya Bagi Hasil

Bank Syariah Aman Dari Dampak Terpuruknya Rupiah, OJK: Karena Sistemnya Bagi Hasil

Dolar-AS-Nyaris-Rp-13.900,-Menkeu-Ini-Masalah-PersepsiserambiMINANG.com – Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) mengklaim perbankan syariah hingga kini masih aman dari dampak merosotnya nilai tukar Rupiah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat (AS).

“So far, sampai saat ini dampak langsungnya saya belum merasakan banget. Tapi, kita masih menunggu apa yang akan terjadi,” kata Ketua Bidang Edukasi dan Literasi DPP Asbisindo, Koko T Rachmadi, usai acara IB Vaganza, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (20/8/2015).

Namun, Koko enggan berkomentar banyak soal merosotnya nilai tukar Rupiah. Yang jelas, kata Koko, nilai rupiah ambruk akibat fenomena ekonomi global. “Saya tidak bisa komen karena itu fenomena internasional. Itu lebih ke ekonomi makro, kita yang sifatnya action,” ungkap Koko.

Menurut Koko, bank-bank syariah siap melakukan apapun yang menjadi kebijakan pemerintah demi menjaga nilai tukar Rupiah terhadap dolar. “Kita di perbankan siap saja apa yang dilakulan pemerintah untuk mensuport ekonomi yang lebih baik,” tegas Koko.

Baca :   Dasyat, Jenggot Ini Dijual Hingga Ratusan Juta Rupiah

Seperti diketahui, nilai tukar mata uang dolar AS kian perkasa terhadap Rupiah. Hingga hari ini, nilai Rupiah menderung mendekati angka Rp14 ribu per USD.

Ketua Otoritas Jasa Keuangan wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta, Wibowo Santoso, menyatakan stabilnya perbankan syariah di tengah merosotnya nilai Rupiah terjadi karena sistem bagi hasil. Sistem ini yang membedakan bank syariah dengan bank konvensional.

“Sebab, syariah tidak ada hubungannya dengan bunga. Mestinya kesempatan. Sistemnya bagi hasil. Untung kecil, besar dibagi bersama. Kalau rugi dibagi bersama,” tegas Wibowo. (okezone)


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Pecahan Uang Sepuluh Ribu Rupiah Bergambar Frans Kasiepo Akan segera di Luncurkan

serambiMINANG.com –¬†Bank Indonesia akan segera meluncurkan uang kertas Negara Kesatuan Republik Indonesia pecahan sepuluh ribu …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: