Beranda / Berita / Bukti Masuknya Ajaran Agama Islam ke-Bali Pada Abad ke -17

Bukti Masuknya Ajaran Agama Islam ke-Bali Pada Abad ke -17

lllllllllllllllllllserambiMINANG –Kitab suci Alquran peninggalan abad ke-17 hingga kini masih tersimpan rapi di Kampung Bugis, Serangan, Denpasar, Bali.

Alquran tua di Masjid Al-Syuhadda yang berdiri di tengah Kampung Bugis di Desa serangan, Denpasar, Bali itu menjadi salah satu bukti masuknya ajaran agama Islam ke-Bali pada abad ke -17.

Dikabarkan, saat itu sejumlah orang Bugis dari Sulawesi Selatan tiba di tempat ini. Mereka lalu mendirikan kampung yang kini dikenal sebagai Kampung Bugis Serangan.

Selain mendirikan kampung orang Bugis, seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, belum lama ini, mereka juga mendirikan masjid sebagai tempat beribadah. Para leluhur yang tiba melalui pelabuhan laut di Pulau Serangan juga meninggalkan warisan lain berupa kitab suci agama Islam.

Baca :   Sri Mulyani Perlihatkan ke Publik Kebodohan Jokowi

Alquran tua peninggalan leluhur Kampung Bugis Serangan itu bersampulkan kulit unta. Lembaran-lembaran Alquran terbuat dari kulit kayu. Sedangkan huruf-hurufnya ditulis dengan tangan.

Sampai saat ini kondisinya masih terawat rapi. Alquran ini kini disimpan di rumah seorang sesepuh warga Kampung Bugis Serangan, Denpasar dan akan digunakan jika ada kegiatan ibadah.(Liputan6)


Tentang hayati

Mahasiswa Tahun Akhir Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang

Lihat Juga

Menanggapi Tulisan Berjudul Warisan (Afi Nihaya Faradisa). Andri : Ini hanya paranoid belaka!

Tulisan yang berjudul “warisan” yang ditulis oleh Afi Nihaya Faradisa di akun facebooknya menuai pro …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: