Beranda / Berita / Hindari Fitnah,Bupati Minta Cahaj dan Khatam Al Quran Diarak Keliling Kampung

Hindari Fitnah,Bupati Minta Cahaj dan Khatam Al Quran Diarak Keliling Kampung

,,,,,,,,,,,,,,,,,,serambiMINANG- Bupati Agam, Indra Catri mengatakan, pawai keliling yang diikuti calon haji untuk memberikan motivasi kepada warga di daerah itu.

“Pawai yang diadakan ini untuk melihatkan kepada orang banyak, sehingga mereka termotifasi untuk menunaikan ibadah haji pada tahun berikutnya,” kata Indra Catri saat menghadiri pawai keliling bagi 52 calon haji Agam wilayah barat di Kantor Urusan Agama (KUA) Lubuk Basung, Kamis.

Selain untuk motifasi warga lain, pawai keliling ini juga untuk menghindari fitnah. Untuk itu, bupati meminta calon haji dan khatam Al Quran untuk diarak mengelilingi kampung.

“Lima tahun terakhir sekitar ribuan calon haji dan murid TPA mengikuti pawai keliling,” katanya
Indra Catri juga mengimbau kepada calon haji untuk menjaga kesehatan dengan cara memakan buah-buahan dan banyak meminum air putih, karena saat ini suhu di Mekah sangat panas.

Baca :   Walikota Padang Ini Aktif Memberikan Tausiah Keagamaan Selama di Tanah Suci

Dengan cara ini, maka semua calon haji di Agam dengan jumlah sebanyak 286 orang melaksanakan Rukun Islam ke lima ini dengan baik.

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Lubuk Basung, Djasman Efendi mengatakan, ke 52 calon haji yang mengikuti pawai keliling ini berasal dari Kecamatan Lubuk Basung, Tanjung Raya, Tanjung Mutiara, Ampek Nagari dan Palembayan.

“Mereka ini akan mengelilingi Kota Lubuk Basung dengan jarak sekitar 10 kilometer,” katanya.

Ia menambahkan, kegiatan ini merupakan agenda rutin dari IPHI Kecamatan Lubuk Basung setiap tahunnya.(AntaraSumbar)


Tentang hayati

Mahasiswa Tahun Akhir Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang

Lihat Juga

Tiga Pejuang Daerah Asal Agam di Usulkan Menjadi Pahlawan Nasional

serambiMINANG.com –¬†Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, akan mengusulkan tiga pejuang asal daerah itu menjadi pahlawan …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: