Beranda / Berita / Kado Pemerintah Untuk HUT RI Ke-70 : Tambah Impor 300 Ribu Ekor Sapi

Kado Pemerintah Untuk HUT RI Ke-70 : Tambah Impor 300 Ribu Ekor Sapi

Kado-Pemerintah Untuk-HUT-RI Ke-70-Tambah Impor-300-Ribu Ekor-SapiserambiMINANG.com – Mengatasi harga daging sapi yang menggila, dan langka, Pemerintah akan impor 300 ribu ekor sapi. Sehingga, ditargetkan masalah tersebut bisa segera diatasi.

“Untuk sisa tahun ini kita mungkin bisa impor 300 ribu ekor sapi. Kami sepakat dan masih menjalankan prosesnya,” ujar Menteri Perdagangan Thomas Lembong di Jakarta, Selasa (18/8/2015).

Thomas mengaku, impor ini adalah upaya pemerintah dalam memberantas ulah spekulan yang menahan pasokan, sehingga komoditas ini menjadi langka di pasaran dan harganya melambung tinggi.

“Kami siap untuk mengguyur pasar, supaya yang menimbun stok ini berpikir dua kali. Karena ketika kita mengguyur pasar, harga akan anjlok, dan yang menimbun itu akan mengalami kerugian finansial cukup berat,” tegas Thomas.

Dia berjanji untuk berkoordinasi dengan Menteri Pertanian karena penambahan stok melalui impor juga dilakukan berdasarkan kebutuhan daging sapi di dalam negeri.

Baca :   Kemenag Alokasikan Dana100 Miliar Untuk Sukseskan Program 5000 Doktor

“Saya kira beliau punya strategi untuk pengembangan industri ini agar dalam jangka panjang sangat bagus. Tapi tentunya saya yang ditugaskan untuk menertibkan pasar,” kata dia.

Sejak Minggu (9/8), para pedagang daging sapi di sejumlah daerah di Indonesia menggelar aksi mogok akibat melonjaknya harga daging yang pada pascalebaran mencapai Rp110 ribu/kg dan kini sudah menyentuh Rp120 ribu/kg.

Sementara harga karkas (daging dan tulang) sudah mencapai Rp94 ribu/kg, padahal sebelum Lebaran masih dipatok Rp86 ribu/kg, dan saat kondisi normal hanya Rp80 ribu/kg. (obsessionnews)


Tentang Wiky Rahmat Putra

Mahasiswa tahun akhir Fakultas Peternakan Universitas Andalas

Lihat Juga

21 Lembaga Akan di Hapus “Lagi” oleh Pemerintah

serambiMINANG.com – Presiden Jokowi segera mengapus sembilan Lembaga Non Struktural (LNS) yang fungsinya tumpang tindih dengan …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: