Beranda / Berita / Mentan Klaim Kenaikan Harga Daging Ayam Karena Pedagang Ayam Libur dan Tidak Memelihara Ayam

Mentan Klaim Kenaikan Harga Daging Ayam Karena Pedagang Ayam Libur dan Tidak Memelihara Ayam

menteri-pertanian-jokowiserambiMINANG.com – Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyatakan, ia sudah membentuk tim dengan Kementerian Perdagangan guna merespons melonjaknya harga daging ayam. Apalagi, di Bandung, Jawa Barat, kenaikan harga itu diikuti dengan aksi mogok pedagang.

Amran mengatakan, tim tersebut sudah mengecek langsung ke lokasi peternakan. Dan, dipastikan semua dalam kondisi terkendali.

“Ternyata di sana harganya tetap Rp18 ribu per kilogram (kg). Jadi sebenarnya ini tidak ada masalah,” ujar Amran usai menemui Presiden Joko Widodo, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 20 Agustus 2015.

Kementan juga sudah mengkonfirmasi peternak, kenapa terjadi lonjakan harga yang signifikan. Diketahui harga daging ayam di sejumlah tempat telah menembus Rp44 ribu per kg.

“Kami tanya, kenapa mesti naik. Ternyata alasannya hari libur kemarin tidak memelihara ayam. Karena pulang kampung, ini libur kan cukup panjang, jadi mundur Lebaran 2-3 minggu,” ujarnya menambahkan.

Baca :   Menkeu Bambang Paham Jokowi tak Punya Kapasitas Atasi Problem Ekonomi

Selama 15 hari libur itu, kata dia, berpengaruh juga pada ketersediaan jumlah stok daging ayam. Sementara, umur peternakan ayam untuk bisa dipanen rata-rata mencapai 40 hari.

“Kan umurnya hanya 40 hari, dia mundur 15 hari, dua minggu. Jadi dia tidak memelihara ayam,” ujarnya.

Dia yakin, paling lambat dua pekan ke depan, harga daging ayam akan kembali normal. Apalagi, aktivitas peternak sudah berjalan seperti semula.

“Sekarang sudah memelihara dan panen. Jadi satu minggu dua minggu stabil,” ujarnya berjanji.

Amran tak yakin, aksi mogok para penjual daging akan berlangsung lama. Karena dalam waktu dekat pasokan ke pasar akan kembali normal.

“Ini (ayam) umurnya cuma 40 hari, nggak bisa (mogok terus).” (viva.co.id)


Tentang Abu Faguza Abdullah

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Q.S. Muhammad: 7)

Lihat Juga

Serangkaian Skenario Melemahkan Umat Islam Era Presiden Jokowi

Tahun 2017 baru berjalan satu bulan, namun kezhaliman dan serangan kepada islam dan umat islam …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: