Beranda / Berita / Rencana Kebijakan Pemerintah Untuk Mendongkrak Nilai Rupiah

Rencana Kebijakan Pemerintah Untuk Mendongkrak Nilai Rupiah

Rencana-Kebijakan-Pemerintah-Untuk-Mendongkrak-Nilai-RupiahserambiMINANG.com – Pemerintah Indonesia tengah menyiapkan paket kebijakan untuk mendongkrak nilai rupiah yang terpuruk hingga mencapai titik terendah dalam 17 tahun terakhir.

Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, mengatakan paket kebijakan tersebut berkaitan dengan sektor riil, sektor keuangan, deregulasi, dan pemberian insentif pajak atau tax holiday.

“Pertama, (kebijakan) ini akan membuat aktivitas ekonomi berjalan mulus. Kedua, ini akan mendorong mata uang asing untuk datang,” kata Darmin seperti dikutip kantor berita Reuters.

Menurut Darmin, sasaran paket ini adakah memperkuat nilai rupiah.

Selain memperkuat rupiah, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan paket kebijakan tersebut dikeluarkan untuk menambah pasokan devisa, menjaga ekonomi secara makro‎, serta memperbaiki daya beli masyarakat yang lemah.

Baca :   Allah Menyatakan Pemakan Riba Sebagai MusuhNya

“Sabar. Kebijakan tidak jatuh dari langit. Kita harus menyiapkannya dulu…Ibarat makanan, kita sekarang makan sup,” ujar Bambang.

Nilai rupiah

Sementara itu, demi menyokong penguatan rupiah, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengaku telah menerbitkan kebijakan penggunaan rupiah dalam bertransaksi di dalam negeri.

“Kami juga senantiasa menjaga stabilitas di pasar mata uang asing agar volatilitasnya ada dalam batas yang sehat sembari memperhatikan kecukupan cadangan devisa,” kata Agus, sebagaimana dilaporkan wartawan BBC Heyder Affan di Istana Negara, Kamis (27/08).

Nilai tukar rupiah per Kamis (27/08) sempat menguat dari Rp14.120 per US$1 menjadi Rp13.980 untuk setiap US$1. (bbc)


Tentang Eka Sulistyo Ningsih

Lihat Juga

Pecahan Uang Sepuluh Ribu Rupiah Bergambar Frans Kasiepo Akan segera di Luncurkan

serambiMINANG.com – Bank Indonesia akan segera meluncurkan uang kertas Negara Kesatuan Republik Indonesia pecahan sepuluh ribu …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: