Beranda / Berita / Rupiah Tembus 14.000 karena Tim Ekonomi Jokowi Tak Dipercaya Pasar

Rupiah Tembus 14.000 karena Tim Ekonomi Jokowi Tak Dipercaya Pasar

Rupiah-Turun-595x279serambiMINANG.com – Pengamat politik Ahmad Yazid meminta Presiden Joko Widodo tidak perlu menyalahkan pihak luar ataupun mencari “kambing hitam” terkait anjloknya nilai rupiah terhadap dolar AS.

“Jokowi tak perlu mencari kesalahan pihak luar seperti menyalahkan kondisi Korea Utara-Korea Selatan sehingga menyebabkan rupiah terpuruk, faktor Yunani maupun lainnya,” tegas Ahmad Yazid kepada intelijen (25/08).

Pengamat ekonomi Didik J Rachbini menilai melorotnya nilai tukar rupiah hingga di atas 14.000 per dollar AS tak hanya disebabkan faktor eksternal tetapi juga internal. Menurutnya, faktor internal tersebut yaitu belum dipercayainya tim ekonomi pemerintah oleh pasar.

“Tim ekonomi pemerintahah baru yang tidak bisa meyakinkan publik dan pasar secara khusus. Dengan tim seperti ini meskipun pemilu berhasil dan ekonom-ekonom bilang rupiah akan kuat menjadi Rp 10.000 per dollar AS apabila Jokowi terpilih, tetapi karena tim ekonomi tidak meyakinkan maka rupiah terus merosot,” ujar Didik saat dihubungi Kompas.com, Senin (24/8/2015).

Baca :   Rupiah Melemah, DPR Panggil BI Hari Ini

Selain itu, respons pemerintah menjaga stabilitas rupiah dalam satu tahun terakhir ini juga dinilai tak maksimal. Masalahnya kata dia, lantaran pasar sebenarnya tak memiliki kepercayaan kepada tim ekonomi pemerintah.

“Dalam waktu kurang setahun rupiah sudah merosot dari Rp 12.000 ke Rp14.000 karena pemerintah masih belum dipercaya pasar untuk dapat meredam dampak faktor eksternal,” kata dia.

Dari sisi neraca perdagangan, pemerintah juga dinilai tidak berhasil merespons penurunan ekspor sehingga neraca berjalan yang awalnya surplus menjadi negatif. Menurutnya, dari situlah awal masalah dan pelelahan nilai tukar terjadi.

Sebelumnya, nilai tukar rupiah sore hari ini melemah. Meski sempat menguat, mata uang Garuda makin tak berdaya terhadap dollar AS dan diperdagangkan di Rp 14.049 per dollar AS atau turun sebesar 0,78 persen. (intelijen)

Lihat Juga

Tentang Asdeddy Sjam

Saya penulis lepas yang hobi membaca, olahraga, diskusi, dan kegiatan yang bisa meningkatkan dan lebih mendekatkan diri saya kepada TUHAN

Lihat Juga

Pecahan Uang Sepuluh Ribu Rupiah Bergambar Frans Kasiepo Akan segera di Luncurkan

serambiMINANG.com – Bank Indonesia akan segera meluncurkan uang kertas Negara Kesatuan Republik Indonesia pecahan sepuluh ribu …

Tinggalkan Balasan

Rupiah Tembus 14.000 karena Tim Ekonomi Jokowi Tak Dipercaya Pasar