Beranda / Berita / Dampak Positif Permainan Tradisional Anak

Dampak Positif Permainan Tradisional Anak

JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto Sejumlah siswa dari 30 sekolah dasar dan SMP se-DIY mengikuti babak penyisihan lomba egrang dalam Festival Permainan Tradisional Anak di Lapangan Parkir Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Sabtu (17/11/2012). Anak-anak di perkotaan sudah sangat jarang memainkan permainan tradisional anak seperti egrang, teklek, dingklik oglak-aglik dan gangsingan, oleh karena itu perlombaan ini menjadi wahana memperkenalkan ragam permainan tradisional anak yang memiliki peran sebagai pembentuk dan penguatan karakter jati diri bangsa.

serambiMINANG.com – Permaian tradisional ternyata membawa dampak positif bagi tumbuh kembang anak. Utamanya, dalam hal membentuk kompetensi social anak usia sekolah.

Seorang mahasiswa pasca sarjana, Iswinarti saat ujian terbuka program doktor Fakultas Psikologi UGM, di Auditorium Fakultas Psikologi UGM mengungkapkan, permainan tradisional yang berupa game punya nilai manfaat terhadap perkembangan fisik-motorik, intelektual, sosial ekonomi, emosional dan kepribadian anak. Sebab, jenis permainan itu mempunyai nilai-nilai sosial dan psikologis yang tinggi, meski pun ada beberapa kendala yang akan dialami dalam menerapkan kembali permainan ini pada anak.

“Tidak adanya pewarisan, tidak adanya lahan, dan anak lebih tertarik permainan lain yang lebih modern,” kata Iswinarti yang juga dosen di Universitas Muhammadiyah Malang ini.

Baca :   Ashin Wirathu Fitnah Umat Islam Rohingya Pemerkosa Wanita Myanmar

Dalam penelitiannya, Iswinarti menyimpulkan, metode Bermain, ExpeRiential, Learning, Anak (Berlian) berfungsi membantu anak menemukan makna dari pengalaman ketika mereka bermain permainan tradisional.

Salah satu hasil penelitian yang dilakukan terhadap anak-anak SD di Malang, lanjutnya seperti dilansir laman resmi UGM. menunjukkan bahwa anak-anak yang memainkan permainan tradisional dengan metode tersebut cenderung mengalami peningkatan kompetensi sosial dibandingkan anak-anak yang bermain permainan tradisional tapi tidak disertai dengan metode yang sama. (kabarkota)

Lihat Juga

Tentang Eka Sulistyo Ningsih

Lihat Juga

Inilah 3 Kuntungan Pada Anak, Bila Ayah Ikut Bantu Mengasuh Anak

serambiMINANG.com – Siapa bilang hanya ibu yang harus mengasuh anak. Ayah pun harus turun tangan, …

Tinggalkan Balasan

Dampak Positif Permainan Tradisional Anak - Serambi Minang