Beranda / Serba Serbi / Kesehatan / Diabetes, Depresi dan Dukungan Keluarga

Diabetes, Depresi dan Dukungan Keluarga

diabetesserambiMINANG.com – Banyak Diabetesi (penderita Diabetes) tidak menerima bahwa dirinya menderita Diabetes. Hal ini dapat disebabkan karena Diabetes merupakan penyakit yang belum dapat disembuhkan. Diabetes juga dapat mengakibatkan komplikasi-komplikasi yang berat seperti Penyakit Jantung Koroner, Gagal Jantung, Stroke, Gagal Ginjal, mudah mengalami infeksi dan lain-lain.

Diabetes juga mengharuskan penderitanya untuk menjaga pola makan, olahraga rutin, konsumsi obat seumur hidup, atau bahkan mendapatkan suntik insulin seumur hidup. Sulitnya kehidupan sebagai Diabetesi akibat banyaknya aturan dapat sebagai salah satu penyebab banyaknya Diabetesi yang belum dapat menerima dirinya menderita Diabetes.

Tidak menerima bahwa dirinya menderita Diabetes dapat muncul dalam berbagai pola tingkah laku, seperti tidak menjaga pola makan, tidak olahraga rutin, tidak melakukan check-up ulangan atau kehilangan semangat hidup (sedih yang berlebihan, depresi) seperti, menyendiri, mengurangi aktifitas harian dan frekuensi makan.

Hal-hal tersebut justru akan memperburuk kondisi Diabetesi yang bersangkutan, selain karena kadar gula darah yang tidak terkontrol dan penurunan produksitifitas. Kadar gula darah yang tidak terkontrol akan mempercepat munculnya berbagai komplikasi dan keadaan akan menjadi semakin buruk karena tidak ada usaha dari Diabetesi itu untuk menjaga kesehatannya.

Baca :   MasyaAllah Burung Beo Ini Tahlilan

Munculnya komplikasi pada Diabetesi dapat semakin memperberat gejala depresinya. Bahkan, karena banyaknya komplikasi yang diderita oleh seorang Diabetesi dapat memunculkan keinginan untuk segera mengakhiri hidupnya, misalnya dengan menolak segala macam pengobatan. Sehingga dukungan dari lingkungan Diabetesi, terutama teman dan keluarganya sangatlah dibutuhkan.

Bantuan dapat dilakukan dengan cara mengingatkan untuk menjaga pola makan, memberi semangat untuk berolahraga, mengingatkan jadwal minum obat atau cek gula darah, dan bantuan-bantuan lainnya. Sehingga, Diabetesi dapat beraktifitas layaknya orang sehat dengan komplikasi yang minimal.


Tentang dr. Wahyudi

Staf Bagian Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Andalas / RSU dr. M. Djamil, Padang (Bagian Penyakit Dalam)

Lihat Juga

Inilah Tips Diet Yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

serambiMINANG.com –¬†Diabetes melitus (DM), atau dikenal dengan Kencing Manis, merupakan penyakit karena gangguan kadar gula …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: