Beranda / Serba Serbi / Kesehatan / Inilah Tips Diet Yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

Inilah Tips Diet Yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

diabetesserambiMINANG.com – Diabetes melitus (DM), atau dikenal dengan Kencing Manis, merupakan penyakit karena gangguan kadar gula darah yang tinggi.

Diabetes Melitus dapat disebabkan karena kerusakan (sel beta) pankreas atau ketidakmampuan insulin membawa gula darah ke dalam sel.

Karena khawatir kadar gula darahnya tinggi, banyak diabetesi (penderita diabetes) mengurangi konsumsi makanan, atau bahkan “mengharamkan” banyak jenis makanan (diet).

Bagi sebagian diabetesi, berkurangnya pilihan diet merupakan “penderitaan” tersendiri.

Sehingga, pada akhirnya, karena tidak sanggup untuk terus bertahan dalam “penderitaan”, sebagian diabetesi melanggar pantangan terhadap diet tersebut. Akibatnya kadar gula darah kembali naik.

Pengaturan pola diet merupakan salah satu pilar/tiang dalam usaha pengendalian kadar gula darah. Pola yang tidak terkontrol dapat membuat usaha pengendalian gula darah menjadi tidak optimal.

Diabetes Melitus merupakan penyakit yang belum dapat disembuhkan. Namun, kadar gula darah diabetesi dapat dikendalikan hingga normal. Kadar gula darah yang normal, akan membuat kondisi tubuh diabetesi secara umum hampir sama dengan non diabetesi.

Baca :   MasyaAllah, Bayi Ini lahir Saat Ibunya Melaksanakan Ibadah Haji

“Mengharamkan” atau membuat pantangan terhadap banyak jenis makanan bukanlah cara yang tepat untuk menjaga pola diet.

Pengaturan pola diet, sebaiknya didahului dengan mengetahui kebutuhan kalori harian para diabetesi. Setelah kebutuhan kalori diketahui, maka diabetesi dapat mengkonsumsi banyak jenis diet asalkan total kalori yang dikonsumsi tersebut sesuai dengan kebutuhan kalori harian.

Sangat dianjurkan bagi para diabetesi untuk mengkonsumsi makanan secara sedikit demi sedikit. Karena konsumsi makanan langsung dalam jumlah besar akan meningkatkan kadar gula darah dalam waktu singkat.

Selain itu, mengenal jenis-jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah dalam waktu singkat (indeks glikemik tinggi) akan mengoptimalkan pengontrolan kadar gula darah. Sehingga, para diabetesi dapat bebas memilih diet sesuai keadaannya.


Tentang dr. Wahyudi

Staf Bagian Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Andalas / RSU dr. M. Djamil, Padang (Bagian Penyakit Dalam)

Lihat Juga

Diabetes, Depresi dan Dukungan Keluarga

serambiMINANG.com – Banyak Diabetesi (penderita Diabetes) tidak menerima bahwa dirinya menderita Diabetes. Hal ini dapat …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: