Beranda / Berita / Mantan Menkeu Yang Dulu Berhasil Turunkan Inflasi Dari 650 % Menjadi 10 % Meninggal Dunia

Mantan Menkeu Yang Dulu Berhasil Turunkan Inflasi Dari 650 % Menjadi 10 % Meninggal Dunia

serambiMINANG.com – Mantan Menteri Keuangan pada era Orde Baru, Ali Wardhana meninggal dunia pada usia 87 tahun di Jakarta, Senin, pada pukul 15.30 WIB, setelah dikabarkan menderita sakit.

“Telah meninggal Prof Dr Ali Wardhana sekitar jam 15.30 sore ini,” kata salah satu staf Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan.

Menurut rencana, almarhum disemayamkan di rumah duka Jalan Patra Kuningan XV Nomor 6, Jakarta Selatan dan jenazah akan dimakamkan pada Selasa (15/9).

Prof Dr Ali Wardhana yang lahir di Solo, Jawa Tengah pada 6 Mei 1928 merupakan salah satu anggota penasehat perekonomian Orde Baru, dan menjadi Menteri Keuangan periode 1968-1983 serta Menteri Koordinator Ekonomi, Industri dan Pengawasan Pembangunan periode 1983-1988.

Ali Wardhana menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 1958, dan mendapatkan gelar Master of Arts dari University of California Berkeley, Amerika Serikat pada 1961 dan menyelesaikan program doktoral PhD dari universitas yang sama pada 1962.

Baca :   Alhamdulillah, Ongkos Naik Haji Tahun 2015 Turun

Selama menjabat sebagai Menteri Keuangan, Ali Wardhana berhasil mengawal perekonomian nasional dengan menurunkan inflasi dari 650 persen menjadi 10 persen dalam tiga tahun masa jabatannya sejak 1968 melalui “balanced budget”, yaitu anggaran pemerintah yang berimbang.

Beberapa penghargaan yang pernah diperoleh Ali Wardhana adalah Bintang Mahaputera Adiprana Kelas II (dari Pemerintah RI), Satyalencana Dwidja Sistha (Menteri Pertahanan Kemananan RI), Grootkruis Leopold II (dari Raja Belgia) dan Ali Grootkuis in dew Oranye Nassau (dari Ratu Yuliana, Belanda).(Harian singgalang)


Tentang hayati

Mahasiswa Tahun Akhir Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang

Lihat Juga

Menanggapi Tulisan Berjudul Warisan (Afi Nihaya Faradisa). Andri : Ini hanya paranoid belaka!

Tulisan yang berjudul “warisan” yang ditulis oleh Afi Nihaya Faradisa di akun facebooknya menuai pro …

Tinggalkan Balasan