Beranda / Berita / Menarik, Pemerintah Indonesia Akan Impor Bibit Sapi Dari Spanyol

Menarik, Pemerintah Indonesia Akan Impor Bibit Sapi Dari Spanyol

1serambiMINANG.com – Akhir pekan lalu Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengumpulkan 20 calon investor peternakan sapi di Kantor Kementerian Pertanian. Salah satu calon investor adalah perusahaan joint venture Indonesia dan Spanyol.

Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Investasi, Syukur Iwantoro mengungkapkan, bahwa perusahaan patungan Indonesia-Spanyol ini berencana mendatangkan semen beku (sperma yang diawetkan) dari sapi unggulan Spanyol, yaitu Sapi Galician Blond.

“Ada semen beku sapi unggul Galician Blond mau didatangkan dari Spanyol, mau diujicobakan dulu di Indonesia,” kata Syukur dihubungi detikFinance di Jakarta, Rabu (23/9/2015).

Dia menuturkan, semen beku sapi unggulan Spanyol tersebut akan digunakan untuk persilangan dengan sapi lokal dari Indonesia. Jika hasil persilangannya bagus, semen beku Sapi Galician Blond akan didatangkan dalam jumlah lebih banyak untuk dikembangbiakan di Indonesia. “Mau diujicobakan dulu, dikawinkan dengan sapi lokal,” ujarnya.

Baca :   Helikopter Hilang, Diduga Masuk Ke Danau Toba

Saat ini calon investor telah mengajukan ‎surat untuk harmonisasi protokol kesehatan hewan antara Indonesia dan Spanyol. “Ini pertama kalinya kita datangkan semen beku sapi dari Spanyol, jadi perlu harmonisasi dulu,” kata Syukur.

Harmonisasi protokol kesehatan hewan ini, sambungnya, bisa diproses dengan cepat karena Spanyol termasuk negara yang sudah bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK) sapi. Setelah harmonisasi protokol selesai, semen beku bisa segera masuk ke Indonesia. “Jadi tidak ada masalah,” ucapnya. (detik)


Tentang Wiky Rahmat Putra

Mahasiswa tahun akhir Fakultas Peternakan Universitas Andalas

Lihat Juga

Menanggapi Tulisan Berjudul Warisan (Afi Nihaya Faradisa). Andri : Ini hanya paranoid belaka!

Tulisan yang berjudul “warisan” yang ditulis oleh Afi Nihaya Faradisa di akun facebooknya menuai pro …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: