Beranda / Berita / Pemimpin Muslim Jangan Sampai Kalah Dengan Paus Dalam Menolong Migran

Pemimpin Muslim Jangan Sampai Kalah Dengan Paus Dalam Menolong Migran

paus_ajak_kristen_tolong_migranserambiMINANG. com – Paus Fransiskus mengajak umat Katolik di negara-negara Eropa melakukan aksi solidaritas membantu imigran yang berbondong-bondong menuju Eropa. Paus mengajak semua paroki atau kelompok umat masing-masing menampung satu keluarga pengungsi imigran, dengan diawali di negara kecil Vatikan di mana dia tinggal.

“Saya mohon ke paroki-paroki, komunitas agama, biara-biara dan tempat-tempat suci di seluruh Eropa supaya … menampung paling tidak satu keluarga pengungsi,” kata Paus Fransiskus di misa hari Minggu (6/9) di Vatikan.

Ajakan Paus itu didasarkan adanya puluhan ribu paroki Katolik di Eropa dengan pengungsi yang sudah sampai di tanah eropa melalui Balkan juga melalui Mediterania ke Italia dan Yunani sangatlah banyak dan mencapai rekor.

Di Italia saja terdapat lebih dari 25.000 paroki, dan lebih dari 12.000 di Jerman di mana banyak warga Suriah melarikan diri dari perang saudara dan yang mencari jalan keluar dari kemiskinan di negara-negara asalnya.

Baca :   Indonesia, Negara Mayoritas Tapi Surga Bagi Minoritas

Jemaat di Lapangan Santo Petrus Vatikan bertepuk tangan saat Paus yang mengaku cucu dari imigran Italia ke Argentina, mengatakan: “Setiap paroki, setiap kelompok umat, setiap biara, setiap tempat suci, menampung satu keluarga.”

Vatikan sendiri ada dua paroki dan beberapa hari ke depan akan menampung masing-masing satu keluarga pengungsi, kata Paus Fransiskus. Dua keluarga terpilih tersebut adalah pengungsi perahu gelombang pertama yang tiba di pulau Lampedusa Italia.

Paus mengatakan, membantu menampung keluarga imigran adalah “sikap konkret” sekaligus dalam mempersiapkan Tahun Kudus bertema anugerah, yang akan dimulai pada 8 Desember. (satu harapan)


Tentang Hendro

Numpang hidup di bumi Allah, pemerhati dunia sosial, alumni Fakultas Sastra Unand

Lihat Juga

Lakukanlah 3 Hal Ini Agar Kita Menjadi Muslim Yang Baik

serambiMINANG.com – Untuk menjadi Muslim yang baik itu memang harus tahan dari segala godaan dunia. …

Tinggalkan Balasan