Beranda / Belajar Islam / Pengumpulan Al-Quran (3)

Pengumpulan Al-Quran (3)

mushaf-alquranserambiMINANG.com – Barangkali ada yang bertanya, pengumpulan Al-Quran tidak ada dalilnya. Apakah benar demikian? Mari kita simak bersama.

Tanya: Apakah mengumpulkan lembaran Al-Quran ada dalilnya dari ayat Al-Quran?

Jawab: Sesungguhnya di dalam Al-Quran sendiri terdapat isyarat pengumpulan Al-Quran selama pengumpulan itu menjadi sarana terjaganya keotentikan Al-Quran.

Di sini kita dituntut cerdas dalam membedakan antara sarana (wasa’il) dan tujuan (maqashid); jika syariat memerintahkan suatu jenis ibadah berarti itu adalah memerintahkan ibadah itu sendiri dan segala sarana yang ibadah tersebut tidak sah tanpanya, sampaipun sarana itu tidak pernah dilakukan pada saat Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam masih ada.

Jadi, sarana itu pada hakikatnya diperintahkan juga karena memfasilitasi ibadah yang tanpanya tidak sempurna.

Tanya: Lalu bagaimana dengan pembagian-pembagian syariat yang ada; ini kitab Thaharah (Bersuci), ini kitab Shalat, ini kitab Zakat, ini kitab Puasa, ini kitab Haji, ini kitab Jual-beli, ini kitab Gadai, dan lain sebaginya. Apakah itu telah ditentukan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam?

Jawab: Tidak, bahkan sahabat pun tidak melakukannya. Lalu kenapa dilakukan?

Baca :   Bulan Ramadhan Menurunkan Kecintaan Pada Dunia dan Menaikkan Kecintaan Pada Akhirat

Karena hal ini termasuk mendekatkan Sunnah kepada para kaum muslimin, sehingga hal itu masuk dalam hal yang diperintahkan karena itu menjadi sarana untuk memahami Sunnah tersebut.

Keempat: hadits di atas menunjukkan bahwa sahabat adalah orang-orang yang minim kekayaan. Tidak seperti kita pada saat sekarang ini. Sehingga mereka menuliskan Al-Quran di pelepah kurma dan batu-batu keramik.

Sarana tulis menulis saat itu sangat terbatas dan minim sekali, sehingga seorang sahabat bisa mengoleksi banyak pelepah kurma dan batu-batu keramik yang ada tulisan Al-Quran itu di rumahnya.

Tetapi sekarang -Alhamdulillah- alat tulis-menulis dimudahkan oleh Allah dan sangat berlimpah; kertas, kaset dan cakram padat (Compact Disk) yang dapat menyimpan dan merekam Al-Quran.

Kelima: hadits di atas menunjukkan bahwa ayat terakhir dari surat At-Taubah hanya ditemukan dalam koleksi Abu Khuzaimah Al-Anshari berdasarkan pernyataan Zaid bin Tsabit, “Aku tidak mendapatinya pada selainnya.”

(Syarah Shahih Al-Bukhari)


Tentang Bani Sulaiman

Lihat Juga

Menanggapi Tulisan Berjudul Warisan (Afi Nihaya Faradisa). Andri : Ini hanya paranoid belaka!

Tulisan yang berjudul “warisan” yang ditulis oleh Afi Nihaya Faradisa di akun facebooknya menuai pro …

Tinggalkan Balasan