Beranda / Berita / Ratusan Umat Berganti Keyakinan, Gereja Itu Pun Berubah Menjadi Masjid

Ratusan Umat Berganti Keyakinan, Gereja Itu Pun Berubah Menjadi Masjid

serambiMINANG.com –Salah satu kasus perpindahan terbesar dari Kristen ke Islam, seorang pendeta Rwanda dan 480 anggota jemaatnya memeluk Islam, dan menjadi perkembangan agama tercepat di dunia dan memperluas kehadiran Islam di benua Afrika.

Seperti dilansir onislam, beberapa media melaporkan Salim Mikdad, seorang mantan pendeta, memeluk Islam setelah memperdalam keyakinannya dari para sarjana Muslim.

Ia berhasil meyakinkan 480 anggota jemaatnya untuk mengambil keputusan serupa akhir Agustus, tepatnya tanggal 25 Agustus lalu. Setelah mereka berganti keyakinan, gereja itu pun berubah menjadi masjid.

Insiden terbaru ini terjadi di tengah serangkaian konversi serupa di Rwanda. Sebagai negara Kristen, Rwanda telah memperlihatkan peningkatan bertahap dalam populasi Muslim.

Sekitar 56,9 persen dari masyarakat Rwanda adalah Katolik Roma, 26 persen adalah Protestan, 11,1 persen adalah Seventh day Adventist dan hanya 4,6 persen yang Muslim. Kebanyakan dari mereka merupakan Sunni.

Baca :   Gangguan Depresi, Seorang Jama'ah Haji Meracau Minta Pulang Hingga Sang Istri Kebingungan

Kenaikan tajam dalam populasi Muslim mengikuti genosida pada tahun 1994 di negara itu, ketika kedua gereja Katolik dan Protestan dituduh membantu membuat pembunuhan sekitar 800 ribu orang.

Gereja menjalankan politik etnis sendiri, mendukung Tutsi selama periode kolonial dan beralih kesetiaan kepada Hutu setelah tahun 1959, yang mengirim pesan kalau diskriminasi etnis adalah konsisten dengan ajaran gereja.

Antara April dan Juli 1994, ekstrimis Hutu Rwanda melakukan kampanye terorganisir yang bertujuan memusnahkan minoritas Tutsi. Human Rights Watch sendiri menjelaskan genosida Rwanda sebagai salah satu episode yang paling menakutkan dari kekerasan etnis, yang ditargetkan dalam sejarah dunia baru-baru ini. (republika.co.id)

Lihat Juga

Tentang hayati

Mahasiswa Tahun Akhir Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang

Lihat Juga

Menanggapi Tulisan Berjudul Warisan (Afi Nihaya Faradisa). Andri : Ini hanya paranoid belaka!

Tulisan yang berjudul “warisan” yang ditulis oleh Afi Nihaya Faradisa di akun facebooknya menuai pro …

Tinggalkan Balasan

Ratusan Umat Berganti Keyakinan, Gereja Itu Pun Berubah Menjadi Masjid - Serambi Minang