Beranda / Berita / Ribetnya Izin Eksplorasi Minyak di Indonesia

Ribetnya Izin Eksplorasi Minyak di Indonesia

Ribetnya-izin-eksplorasi-minyak-di-IndonesiaserambiMINANG-Cadangan minyak Indonesia makin lama makin tipis. Diperlukan sumber baru untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan menambah pendapatan negara. Namun, langkah ini tidaklah mudah karena banyaknya persyaratan yang harus dilalui untuk eksplorasi sumur baru.
Kepala Bagian Humas SKK Migas, Elan Biantoro mengatakan banyak kendala dalam eksplorasi minyak Indonesia. Mulai dari banyaknya perusahaan abal-abal yang masuk, hingga ribetnya aturan teknis maupun non-teknis.
Menurut Elan, 50 persen perusahaan yang ingin eksplorasi di Indonesia abal-abal karena tidak punya modal yang cukup dan teknologi yang mumpuni. Selain itu, perizinan di Indonesia cukup banyak jika dibanding negara lain seperti Malaysia atau Singapura.
“Perusahaan dalam negeri ada yang abal-abal tadi ingin eksplorasi. Tapi investasi tidak terealisir. Selain itu, perizinan banyak dari survei awal hingga produksi ada 241 izin,” ucap Elan dalam acara edukasi dan temu media, di Bogor, Jawa Barat, Jumat (4/9/2015).
Elan menyebut, izin untuk eksplorasi saja atau mencari sumber minyak saja mencapai 81 izin. Belum lagi banyak instansi yang terkait atau mencapai 17 instansi untuk pengurusan pengadaan lahan, izin lingkungan dan lain sebagainya.
“Malaysia dan Singapura tidak begini (tidak banyak izin). Di kita ada 17 instansi dengan 600.000 lembar persyaratan yang harus dipenuhi. Belum lagi setiap tahun 5.000 izin harus diurus,” sambungnya.
Di SKK Migas sendiri, Elan menyebut pihaknya sudah melakukan penyederhanaan izin dan dalam waktu dekat akan mulai menerapkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di BKPM.
“Kita terus lakukan penertiban perizinan. Untuk PTSP mungkin agak memakan waktu karena izin yang benar benar terkait teknis lapangan harus SKK Migas, karena ada hitungannya,” tutupnya.(merdeka)
Baca :   Pelayanan Haji Indonesia yang Tak Kunjung Membaik
Lihat Juga

Tentang han

Sedang BELAJAR.... dan terus BELAJAR

Lihat Juga

Inilah Alasan Pertamina Ogah Beli Minyak Dari Dalam Negeri

serambiMINANG.com – Jakarta – Produksi minyak mentah hasil kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) seharusnya bisa …

Tinggalkan Balasan

Ribetnya Izin Eksplorasi Minyak di Indonesia - Serambi Minang