Beranda / Berita / Seorang Walikota Muda di Brazil Menjalankan Pemerintahan Melalui WhatsApp Berakhir Tragis Menjadi Buronan

Seorang Walikota Muda di Brazil Menjalankan Pemerintahan Melalui WhatsApp Berakhir Tragis Menjadi Buronan

Seorang-Walikota-Muda-di-Brazil-Menjalankan-Pemerintahan-Melalui-WhatsApp-Berakhir-Tragis-Menjadi-BuronanserambiMINANG-Seorang wali kota di Brasil kabur setelah dituduh menggelapkan dana dari sistem pendidikan dan mengelola pemerintahan kota lewat aplikasi WhatsApp pada telepon seluler.

Berdasarkan keterangan jaksa penuntut umum, Lidiane Leite, 25, kabur setelah namanya disebut dalam penyelidikan federal tentang penyalahgunaan dana pendidikan.

Penyelidikan bertajuk ‘Operasi Eden’ itu menemukan bukti bahwa sekitar US$4 juta atau sekitar Rp56 triliun dana untuk sekolah-sekolah Kota Bom Jardim menghilang.

Sistem pendidikan kota yang awalnya sudah rentan kini semakin hancur. Guru-guru hingga kini tak dibayar.

Perintah penahanan dikeluarkan Kamis (27/08) lalu dan wali kota baru–yang sebelumnya menjabat sebagai wakil Leite–diangkat sumpahnya pada Sabtu (29/08) dan berjanji untuk melanjutkan investigasi menyeluruh.

Hakim Negara Bagian Maranhao mengatakan bahwa dia akan mengeluarkan perintah penahanan internasional jika Leite tak menyerahkan diri pada Selasa (01/09).
‘Muda dan tak berpengalaman’

Leite berusia awal 20-an tahun saat kekasihnya yang bernama Beto Rocha dilarang mengikuti pemilihan wali kota Bom Jardim pada 2012 karena dugaan korupsi.

Baca :   Ridwan Kamil, Risma, Airin dan 47 Bupati / Walikota Akan Hadir di Padang

Leite kemudian maju dan terpilih. Dia menunjuk Rocha sebagai penasihat utamanya dan tinggal di ibu kota negara bagian, Sao Luis, 275 kilometer dari Bom Jardim.

Di Sao Luis, menurut keterangan jaksa pengadilan, Leite hidup mewah.

Namun, Leite jarang hadir di Bom Jardim. Caranya menjalankan pemerintahan kota ialah memerintah kabinet melalui WhatsApp.

Pengacara Leite mengatakan dia tak sadar melakukan kesalahan apapun.

“Dia terlalu muda dan tak punya pengalaman saat terpilih,” kata pengacaranya Carlos Barros. “Dia tak punya kepercayaan diri dan mendelegasikan banyak tugas pada Rocha.”

Media Brasil mengatakan bahwa pasangan tersebut mengakhiri hubungan mereka awal tahun ini dan Rocha berhenti dari jabatannya sebagai penasihat.

Negara Bagian Maranhao, di timur laut Brasil, adalah salah satu negara bagian termiskin Brasil.(bbc)


Tentang han

Sedang BELAJAR.... dan terus BELAJAR

Lihat Juga

Ridwan Kamil, Risma, Airin dan 47 Bupati / Walikota Akan Hadir di Padang

serambiMINANG.com – Sebanyak 50 bupati dan walikota se-Indonesia akan hadir di Padang, Selasa (27/9). Diantara …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: